Apa yang dimaksud dengan Al-Waalii atau Maha Memerintah ?

al-Waalii

Nilai yang terkandung di dalam al-Waalii:

Barangsiapa yang beriman dan membaca “Ya Waalii” sebanyak 100x setiap selesai shalat fardhu. Insya Allah, Allah SWT akan menjauhkan segala macam penyakit batin.

Apa yang dimaksud dengan Al-Waalii atau Maha Memerintah ?

Kata Al-Wâli berasal dari akar kata waliya yang berarti menguasai dan mengelola. Kata Al-Wâli sebagai nama Allah, tidak ditemukan dalam Al-Quran. Namun, ditemukan kata **_wâli_**, sekali dalam Al-Quran, yaitu pada surat ar-Ra’d: 11,

“…Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Dengan memperkenalkan diri-Nya sebagai Al-Wali, sudah terbayang dalam pikiran kita bahwa Dia adalah penguasa, yang memerintah, yang mengelola dan menggunakannya sesuai kehendak-Nya.

Allah Al-Wâli, Allah yang Maha menguasai dan mengurus, yang memiliki dan memerintah seluruh ciptaan-Nya. Seluruh makhluk di bawah kekuasaan dan perlindungan-Nya, sesuai dengan ketentuan dan kehendak-Nya.

Tidak ada satupun makhluk yang dapat memberikan perlindungan secara total, kecuali Allah. Jika perlindungan dicabut oleh Allah dari seseorang, maka tidak ada satu orang pun yang mampu memberikan perlindungan kepadanya dengan cara apa pun.

Orang yang meneladani nama Al-Wâli, selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah, dengan memelihara dan menjalankan syariat-Nya. Ia selalu menjadikan Allah sebagai pelindung, sehingga tidak membutuhkan perlindungan selain-Nya. Ketika ia menjadi seorang penguasa, ia selalu membimbing dan memberikan perlindungan kepada rakyatnya, bukan malah memata-matai atau menakut-nakuti.

Referensi :

  • Dr. Hasan el-Qudsy, The Miracle of 99 Asmaul Husna, Ziyad Book, 2014
  • Sulaiman Al-Kumayi, Asma’ul Husna For Super Woman, Semarang, Pustaka Nuun, 2009