Apa yang dimaksud dengan Al-Qaadir atau Maha Kuasa ?

al-Qaadir

Nilai yang terkandung di dalam al-Qaadir:

Barangsiapa yang beriman dan membaca “Ya Qaadir” sebanyak 100x setiap selesai shalat fardhu. Insya Allah baginya segala yang ia hajatkan akan dapat tercapai.

Apa yang dimaksud dengan Al-Qaadir atau Maha Kuasa ?

Kata Al-Qâdir memiliki akar kata dari qadara yang berarti kuasa atau mampu. Kata Al-Qâdir untuk menunjukkan nama Allah dalam Al- Qur`an diulang sebanyak 7 kali.

Di tempat yang disenangi di sisi Tuhan yang berkuasa. (QS. Al-Qamar: 55)

Al-Qadir artinya Yang Maha Kuasa, Maha Kuat, bagi-Nya kekuasaan. Adapun hakikat kekuasaan ialah yang berkuasa atas apa yang menjadi kehendak-Nya.

Allah Al-Qâdir, Allah Mahakuasa dan mampu melakukan apa yang dikendaki-Nya. Tidak ada yang bisa menghalangi atau membatasi kekuasaan dan apa yang menjadi kehendak-Nya.

Semua telah, sedang, dan akan terjadi sesuai dengan kehendak- Nya. Dia-lah yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Allah berkalam, yang artinya,

“Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwasanya Allah yang menciptakan langit dan bumi adalah kuasa (pula) menciptakan yang serupa dengan mereka, dan telah menetapkan waktu yang tertentu bagi mereka yang tidak ada keraguan padanya? Maka orang-orang zalim itu tidak menghendaki kecuali kekafiran.” (al-Isrâ`: 99).

Seorang hamba yang meneladani nama Al-Qâdir, akan selalu melihat dan menghadirkan kekuasaan Allah yang mutlak atas segala sesuatu. Dia meyakini ketentuan Allah yang terjadi pada setiap makhluk-Nya, sehingga imannya menjadi kuat dan tidak mencari pertolongan dan bantuan kecuali kepada Allah. Karena selain Allah adalah lemah, terbatas, dan tidak mampu secara mutlak. Hamba tersebut juga akan menyadari keterbatasan-keterbatasan yang dimilikinya, sehingga ia tidak sombong atau berbuat zalim dalam kebijakan yang dia ambil, dengan kekuasaan yang Allah berikan kepada-Nya.

Referensi :

  • Dr. Hasan el-Qudsy, The Miracle of 99 Asmaul Husna, Ziyad Book, 2014
  • Sulaiman Al-Kumayi, Asma’ul Husna For Super Woman, Semarang, Pustaka Nuun, 2009