Apa yang dimaksud dengan Al-Maajid atau Maha Mulia ?

al-Maajid

Nilai yang terkandung di dalam al-Maajid:

Barangsiapa yang beriman dan membaca “Ya Maajid” sebanyak 90x setiap selesai shalat fardhu. Insya Allah baginya akan dibangkitkan semangatnya di dalam mencapai cita-cita.

Apa yang dimaksud dengan Al-Maajid atau Maha Mulia ?

Kata Al-Majid terambil dari akar kata yang terdiri dari huruf-huruf mim, jim, dan dal. Kata Al-Mâjid berasal dari kata majada-yamjudu yang berarti mulia. Kata ini tidak ditemukan dalam Al-Qur`an. Di antara nama Al-Mâjid dan Al-Majîd, nama Allah yang ke-49, memiliki akar kata yang sama dan keduanya mengandung keindahan dan kesempurnaan.

Allah Al-Mâjid, karena kemuliaan Zat-Nya, sifat-sifat-Nya, nama-nama-Nya, dan seluruh perbuatan-Nya. Dia-lah yang Mahaagung kedudukan-Nya, indah sifat-sifat-Nya, dan baik perbuatan-Nya. Dia-lah yang Maha Pemurah, memberikan anugerah kepada seluruh makhluk-Nya di dunia ini tanpa pilih kasih. Dia adalah satu-satunya Zat Yang Mahamulia dan tidak ada kemuliaan yang dapat menandingi-Nya.

Seorang hamba yang meneladani nama Al-Mâjid, harus menjadi sosok yang selalu berperilaku baik dan memberikan manfaat pada orang lain. Ia selalu menjaga kemuliaannya sebagai manusia, jangan sampai jatuh ke derajat hewan. Ia juga harus selalu menjunjung tinggi akhlak mulia saat bergaul dengan siapa pun.

Referensi :

  • Dr. Hasan el-Qudsy, The Miracle of 99 Asmaul Husna, Ziyad Book, 2014
  • Sulaiman Al-Kumayi, Asma’ul Husna For Super Woman, Semarang, Pustaka Nuun, 2009