Apa yang dimaksud dengan Akuntansi Keuangan?

Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas).

Apa yang dimaksud dengan akuntansi keuangan ?

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan keuangan yang terutama ditujukan kepada pemakai eksternal atau pihak luar perusahaan. Selain itu, pelaporan keuangan ini digunakan oleh pimpinan tertinggi perusahaan (executive management) sebagai pertanggungjawabannya kepada para pemegang saham atas pengelolaan perusahaan.

Laporan keuangan dari akuntansi keuangan harus disusun berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Tujuannya adalah agar para pihak eksternal yang menggunakan laporan keuangan tersebut memiliki pemahaman dan interpretasi yang sama dan tepat tentang informasi keuangan dan kegiatan ekonomi yang terdapat dalam laporan keuangan tersebut.

Contoh laporan akuntansi keuangan adalah laporan posisi keuangan, laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.