Apa yang dimaksud dengan Aktivitas Investasi?

Arus Kas dari Aktivitas Investasi mencerminkan penerimaan dan pengeluaran kas sehubungan dengan sumber daya yang bertujuan untuk menghasilkan pendapatan dan arus kas masa depan.

Apa yang dimaksud dengan Aktivitas Investasi ?

aktivitas investasi

Dalam Standar Akuntansi Keuangan (2002) Aktivitas Investasi didefiniskan sebagai berikut :

“Aktivitas investasi adalah perolehan dan pelepasan aktiva jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.”

Pengungkapan terpisah arus kas yang berasal dari aktivitas investasi perlu dilakukan sebab arus kas tersebut mencerminkan penerimaan dan pengeluaran kas sehubungan dengan sumber daya yang bertujuan untuk menghasilkan pendapatan dan arus kas masa depan.

Bila perusahaan memiliki kelebihan kas, ada beberapa alternatif yang dapat dipilih untuk memanfaatkan kelebihan ini. Yang paling mudah adalah membiarkan kas tersebut tetap menganggur, tidak digunakan untuk apapun.

Namun adalah lebih baik menginvestasikannya dalam saham atau obligasi perusahaan lain. Dengan cara ini, perusahaan dapat memperoleh tambahan pendapatan berupa dividen atau bunga. Bila perusahaan menginvestasikan kelebihan kas ini dengan tepat, nilai jual/nilai pasar investasi akan naik, sehingga akan semakin menguntungkan perusahaan pada saat saham atau obligasi tersebut dijual kembali.

Jika peralatan yang menganggur untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya peralatan itu dijual. Peralatan atau mesin-mesin yang menganggur memerlukan tempat penyimpanan, perawatan, dan memunculkan biaya-biaya tanpa menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Bila aktiva tetap ini dijual, kas yang diterima dapat digunakan untuk keperluan lain. Pada saat aktiva tetap telah habis masa pakainya, maka sebaiknya dijual dan diganti dengan yang baru. Pembelian aktiva tetap baru merupakan investasi.

Seringkali perusahaan meminjamkan uang kepada para karyawannya atau kepada perusahaan lain. Dana yang digunakan untuk pemberian pinjaman ini harus berasal dari kelebihan kas dan terpisah dari aktivitas operasi sehari-hari perusahaan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa aktivitas investasi ini memanfaatkan dana yang menganggur, dan juga akan menghasilkan pendapatan di masa yang akan datang. Dengan kata lain, arus kas yang berasal dari aktivitas investasi ini mencerminkan penerimaan dan penggunaan kas sehubungan dengan sumber daya yang bertujuan untuk menghasilkan pendapatan dan arus kas masa depan.