Apa yang dimaksud dengan Advertising, Use of Persuasion Techniques In

jeans-with-sale-label-copy-space_23-2148670056

Advertising, use of persuasion techniques in atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai iklan, dalam penggunaan teknik persuasi merupakan teknik periklanan yang dirancang untuk membujuk konsumen dalam membeli atau mendukung sebuah produk.

Contoh: I. Pengulangan adalah tekniknya dimana isi radio dan televisi iklan diulangi di media cetak (koran, majalah, poster, pajangan, dll.) untuk menarik perhatian sebuah segmen besar pelanggan yang potensial. 2. Penamaan merek dirancang untuk mendapatkan kesetiaan kepada konsumen dan keyakinan pada sebuah produk. 3. Daya tarik sesuatu yang tidak ada artinya atau teknik yang dirancang untuk menarik perhatian calon konsumen, misalkan: Beli satu paket dan dapatkan yang kedua gratis; Kirim sampel gratis; Percobaan tawarkan dengan setengah harga; Selesaikan kalimat ini dan menangkan $ 1.000.000.000 tunai, mobil, atau perjalanan ke Florida untuk dua orang; Tidak ada uang muka; dll.

Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.