Apa yang dimaksud dengan administrasi publik ?


(Analisa Put) #1

Administrasi publik adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik. Kajian ini termasuk mengenai birokrasi; penyusunan, pengimplementasian, dan pengevaluasian kebijakan publik; administrasi pembangunan; kepemerintahan daerah; dan good governance.

Apa yang dimaksud dengan administrasi publik ?


(Lia Permata Sari) #2

Administrasi publik adalah ”…the use of managerial, political, and legal theories and processes to fulfill legislative, executive, and judicial mandates for the provision of governmental regulatory and service functions.” Rosenbloom dan Kravchuk (2005)

Pemaknaan definisi diatas dalam sistem pemerintahan Indonesia memunculkan istilah Administrasi Negara dan bukannya Administrasi Publik, meskipun saat ini banyak dipertanyakan seiring gejolak perubahan masyarakat yang semakin dinamis. Istilah administrasi negara cenderung berorientasi pada kekuasaan yang dimiliki oleh negara dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan.

Hampir semua kegiatan dalam masyarakat dimulai dari negara, dan yang amat berperan adalah penguasa negara. Stakeholder dalam mengelola negara ini hanyalah aktor negara atau pemerintah. Publik dalam arti masyarakat tidak mempunyai peran kecuali sebagai objek dan sasaran dari kebijakan negara atau pemerintah. Oleh karena itu, corak sarwa negara lebih menonjol ketimbang corak yang bersarwa masyarakat (Thoha,2008).

Perkembangan paradigma ilmu administrasi publik di luar negeri telah mengubah menggeser orientasi kekuasaan negara kepada kepentingan masyarakat. Istilah administrasi negara diubah menjadi administrasi publik, yang menggambarkan kegiatan administrasi pemerintahan yang dilakukan oleh aparat pemerintah untuk kepentingan masyarakat. Dalam pemahaman seperti itu maka kekuasaan yang selama ini berada pada penguasa sebenarnya adalah titipan yang seharusnya berdomisili pada masyarakat. Segala sesuatu yang menjadi dan dibuat kebijakannya oleh pemerintah seharusnya bersumber dari aspirasi, kebutuhan dan kepentingan masyarakat dan dikembalikan kepada masyarakat tersebut. Administrasi publik berperan untuk membuat agar kekuasaan dapat direalisasikan bagi kepentingan masyarakat (Thoha,2008).

Farnharm dan Horton (1993) menggambarkan pelayanan publik sebagai kegiatan organisasi publik/pemerintah yang sumber pembiayaan utamanya berasal dari pajak, selain penerimaan yang diperoleh dari masyarakat atas pelayanan yang diberikannya. Oleh karena itu, pola pelayanan dibangun diatas prasarana umum dengan menyerahkan sistem pengelolaannya pada sektor swasta atas jaminan pemerintah. Pola pengawasan langsung oleh masyarakat merupakan inti dari konsep ini.