© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Abfraksi pada gigi?

Abfraksi gigi

Abfraksi merupakan lesi pada leher gigi. Terjadinya lesi abfraksi diawali dengan adanya tekanan oklusi yang berat, yang selanjutnya diperberat oleh penyikatan gigi.

Lesi Abfraksi adalah defek berbentuk baji yang terjadi di area servikal gigi karena tekanan oklusalberlebihan atau kebiasaan parafungsi seperti bruksisme.

Pada kasus ini, hilangnya substansi gigi terjadi karena beban (kekuatan) biomekanis yang menyebabkan flexure dan akhirnya menyebabkan kelelahan email dan dentin di lokasi jauh dari lokasi yang menerima beban.

Kerusakan lesi abfraksi tampak berbentuk baji dengan garis sudut tajam. Pada tahap awalnya lesi ini hanya tampak seperti retakan tidak beraturan atau garis fraktur atau defek berbentuk baji di bagian servikal gigi. Tetapi pada tahap selanjutnya terlihat seperti groove meluas ke dalam dentin.

Etiologi

Pada tahun 1984, Lee dan Eakle menggambarkan kekuatan lateral sebagai akibat kerusakan struktur gigi. Grippo menunjukkan bahwa tekanan bisa saja statis seperti yang ditimbulkan saat menelan dan mengencangkan otot wajah, atau bergantian, seperti tekanan yang diciptakan karena mengunyah. Lesi abfraksi disebabkan oleh flexure dan kelelahan strutur gigi yang rentan pada lokasi yang terletak jauh dari titik yang menerima beban. Kerusakan sangat bergantung kepada besarnya, durasi, frekuensi, dan lokasi tekanan.

Jika gigi mengalami abfraksi, beban oklusal pada gigi dapat dites pada oklusi sentrik dan gerakan ekskursif dengan kertas penanda oklusal. Gigi dengan abfraksi akan menunjukkan kesan jelas pada salah satu dari inklinasi kuspa. Kekuatan lateral yang merusak ini menyebabkan garis tekanan pada gigi dan akhirnya menyebabkan pecahnya gigi.

Jika selama ekskursi lateral terlihat peningkatan kuspa, kekuatan beban dari gerakan ekskursif akan diarahkan menuju gigi kaninus. Abfraksi umumnya ditemukan pada kasus yang inklinasi gigi kaninusnya tidak benar (malaligned caninus) sehingga ekanan lateral diberikan pada inklinasi lingual kuspa bukal dari premolar maksila.

Tabel. Perbandingan erosi, abrasi, dan abfraksi

Erosi Abrasi Abfraksi
Lokasi Lingual/fasial Fasial Fasial
Tampilan Piring dangkal Baji berbentuk V Bentuk baji
Pinggiran Halus Tajam Tajam
Permukaan email Halus, seperti kaca, mengkilap Halus, retak kecil Kasar, sudut tajam