Apa yang dimaksud Code?

website-html-code-browser-view-printed-white-paper-closeup-view_211682-166

Code atau kode merupakan istilah Latin yakni Codex yang berarti ‘tablet kayu untuk menulis’. Code dapat dipahami sebagai: 1. sistem tanda yang diberi arti tertentu; 2. sistem tanda dan pola struktur untuk membangun dan menguraikan pesan.

Catatan: Kode dapat dibandingkan dengan program komputer. Yang terakhir terdiri dari satu set instruksi yang dapat dikenali oleh komputer dan mengeksekusi dalam mengubah informasi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Begitu juga bahasa, misalnya, merupakan seperangkat fonetik, tata bahasa, dan instruksi leksikal bahwa pembuat dan penafsir kata dan verbal teks dapat dikenali dan diubah menjadi pesan. Bahasa, pakaian, musik, dan isyarat adalah contoh kode. Ini adalah sistem tanda yang diikat oleh hubungan tertentu.

Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.* Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.