Apa yang dimaksud Blefaritis, Infeksi Kelopak Mata Akibat Makeup Mata?

Eye makeup atau riasan di area sekitar mata seperti maskara, eyeshadow, dan eyeliner, tentu tidak asing lagi bagi para wanita. Hati-hati, penelitian membuktikan bahwa penggunaan riasan mata dapat menimbulkan infeksi kelopak mata atau blefaritis jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Infeksi kelopak mata dalam bahasa medis dikenal sebagai blefaritis. Penyakit kelopak mata ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun berhubungan dengan penyakit lain, seperti dermatitis seboroik ataupun rosacea. Akibatnya, kelopak mata menjadi bengkak dan merah. Infeksi ini bisa dialami semua golongan usia, namun kondisi ini tidak menular.

Penyebab blefaritis:
Ada tiga jenis blefaritis yang dibagi berdasarkan lokasi dan penyebabnya, yaitu blefaritis anterior, posterior, dan campuran (kombinasi dari blefaritis anterior dan posterior).

Blefaritis anterior dapat disebabkan karena infeksi bakteri Staphylococcus atau terkait dengan kondisi dermatitis seboroik. Jenis ini ditandai dengan peradangan pada sisi luar kelopak mata tempat melekatnya bulu mata.

Blefaritis posterior dapat disebabkan tersumbatnya kelenjar Meibom (kelenjar yang terletak di sepanjang tepi belakang kelopak mata) ataupun terkait dengan kondisi rosacea. Jenis ini ditandai dengan peradangan tepi bagian dalam kelopak mata yang menyentuh bola mata.

Sumber: