Apa yang dimaksud bandwidth dan throughput?

Di dunia modern ini, internet sudah menjadi teman kita sehari-hari. Entah sebagai media komunikasi, hiburan, mencari informasi, atau hanya sekedar berselancar di dunia maya. Dari sini kecepatan internet dalam mengakses data sangat diandalkan.Sehingga istilah bandwidth menjadi umum ditelinga masyarakat. Namun apakah arti dari banwidth itu sendiri dan apa itu throughput yang masih asing bagi kita?

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.

Ternyata konsep bandwidth tidak cukup untuk menjelaskan kecepatan jaringan dan apa yang terjadi di jaringan. Untuk itulah konsep Throughput muncul. Throughput adalah bandwidth aktual atau bandwidth sebenarnya yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Bandwidth adalah kecepatan maksimum yang memungkinkan terjadi dalam transfer data. sedangkan Throughput adalah kecepatan sebenarnya yang terjadi pada saat transfer data.

sumber :



Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TVbroadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.

Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.

Perbedaan utama antara throughput dan bandwidth adalah bandwidth mengacu pada kecepatan maksimum yang memungkinkan perangkat mentransfer data, sedangkan throughput mengacu pada kecepatan aktual dimana perangkat mentransfer data pada waktu tertentu.

sumber :