Apa yang dimaksud Baldrige Assessment?

Apa yang dimaksud Baldrige Assessment?

Apa yang dimaksud Baldrige Assessment?

Baldrige Assessment merupakan dasar dalam melakukan self-assessment sebuah perusahaan atau organisasi dalam memberikan penghargaan dan memberikan umpan balik kepada perusahaan atau organisasi dalam upaya menciptakan kinerja yang bermutu tinggi.

Kriteria Baldrige dibagi menjadi tujuh kriteria, dimana antar kriteria saling memiliki keterkaitan. 4 tujuan utama pada kriteria MBNQA antara lain :

  1. Membantu memperbaiki kinerja dan kemampuan organisasi

  2. Memberikan fasilitas komunikasi dan berbagai informasi dari best practices diantara organisasi pendidikan dan tipe-tipe organisasi yang lain.

  3. Memelihara perkembangan kemitraan yang melibatkan sekolahsekolah, industri dan organisasi lain.

  4. Melayani sebagai alat kerja untuk memahami dan memperbaiki kinerja organisasi, dan menuntun dalam perencanaan dan pelatihan organisasi.

Gaspersz (2007) menyatakan, terdapat enam alasan yang mendasar mengapa organisasi-organisasi lokal maupun kelas dunia memilih Baldrige Assessment sebagai kerangka kerja dari sistem manajemen mereka yaitu :

  1. Baldrige Assessment mampu mengidentifikasi setiap kekuatan dan kesempatan untuk perbaikan atau opportunities for improvement (OFI) dari berbagai area dalam organisasi yang berkaitan dengan tujuh kriteria MBNQA.

  2. Baldrige Assessment memberikan kerangka kerja untuk peningkatan menuju keunggulan kinerja dengan memberikan kebebasan kepada manajemen untuk melaksanakan strategi bisnis mandiri dan program-program peningkatan keunggulan kinerja.

  3. Baldrige Assessment merupakan kerangka kerja manajemen terintegrasi, mencakup semua faktor yang mendefinisikan organisasi, proses operasional dan hasilhasil kinerja yang jelas dan terukur.

  4. Baldrige Assessment berfokus pada persyaratan-persyaratan untuk mencapai keunggulan kinerja, bukan sekedar aplikasi, prosedur, alat atau teknik.

  5. Baldrige Assessment mudah beradaptasi dengan lingkungan bisnis, dapat diterapkan pada organisasi besar maupun kecil, organisasi lokal yang hanya beroperasi di suatu negara maupun kelas dunia yang beroperasi di banyak negara.

  6. Baldrige Assessment telah terbukti merupakan praktik manajemen global yang valid untuk meningkatkan keunggulan kinerja organisasi.

Tujuan Baldrige Assessment

Secara umum Baldrige Assessment bertujuan untuk mengukur kinerja. MBNQA merupakan program penghargaan berdasarkan pencapaian organisasi terhadap Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE), yang sering disingkat dengan Kriteria Baldridge ( Baldridge Criteria ).

Manfaat Baldrige Assessment

Proses assessment Kriteria Baldrige yang dilakuakn secara intensif dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, misalnya peningkatan efektivitas proses, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan.

Institusi yang dapat menerapkan Baldrige Assessment ini antara lain perusahaan dengan kategori usaha manufaktur, jasa, dan bisnis kecil, serta institusi kesehatan dan pendidikan. Dengan adanya Baldrige Assessment dapat membantu organisasi menghadapi lingkungan dinamis, membangun sistem kerja yang tinggi, menerjemahkan visi dan misi ke dalam strategi, membangun kesuksesan jangka pendek serta stabilitas organisasi untuk jangka panjang.

Kategori yang dinilai Baldrige Assessment

  1. Kepemimpinan/ Leadership (120 poin)

  2. Perencanaan Strategik/ Strategic Planning (85 poin)

  3. Fokus Pelanggan/ Customer Focus (85 poin)

  4. Pengukuran, Analisis, dan Manajemen Pengetahuan/ Measurement, Analysis, and Knowledge Management (90 poin)

  5. Fokus Tenaga Kerja/ Workforce Focus (85 poin)

  6. Fokus operasi kerja/ Operation Focus (85 poin)

  7. Hasil-hasil/ Results (450 poin)