Apa yang dilakukan siswa yang sukses secara berbeda ?

siswa yang sukses

Siswa yang sukses akan melakukan hal yang berbeda dari kebiasaan yang dilakukan oleh orang yang lain nya. Menjadi sukses tidak bisa instan pada waktu semalam tanpa melakukan usaha apapun, menjadi sukses membutuhkan waktu dan beberapa rintangan untuk menuju kesuksesan nya.

Apa yang dilakukan siswa yang sukses secara berbeda dibandingkan teman-temannya ?

Menurut anda kualitas apa yang membuat seseorang sukses yang menang dari orang-orang yang kehilangan keduanya di sekolah atau di kemudian hari? Dan mengapa hanya beberapa orang saja yang dapat sukses padahal mereka berjuang dalam tempat yang sama?Karena pola pikir, kepercayaan, dan kebiasaan mereka. Otak anda adalah kunci utama menuju kesuksesan. Yang kedua yaitu kegiatan sehari-hari anda atau kebiasaan sehari-hari anda. Daftar ini terdiri dari 14 kebiasaan dan kepercayaan ciri orang sukses yang fenomenal :

1. Keluar dari zona aman

Satu-satunya cara untuk menuju pertumbuhan pribadi yaitu dengan keluar dari zona aman anda. Apabila anda berdiam diri pada zona aman anda, maka hidup anda akan monoton. Bercobalah melakukan hal-hal baru yang membuat anda merasa canggung dan tidak biasa. Maka itu akan meningkatkan nilai pada diri anda.

2. Mengetahui bahwa waktu adalah aset yang paling berharga

Seseorang yang tahu bahwa waktu adalah aset yang berharga, ia tidak akan membungan waktu untuk hal yang membosankan dan tidak penting. Waktu adalah aset yang tidak terbatas. Tetapi, tidak ada seorang pun di planet ini yang memiliki waktu tidak terbatas dan mereka cenderung menghabiskan waktu nya dengan sia-sia. Sadarilah waktu anda terbatas dan anda harus menggunakan nya dengan baik, karena waktu yang sudah berlalu tidak akan bisa terulang.

3. Membuat dan mengejar tujuan khusus

Kebanyakan orang tidak memiliki tujuan sama sekali, layaknya zombie yang berjalan tanpa tujuan. Menyiapkan tujuan dan memiliki tujuan adalah langkah awal jika anda menginginkan kesuksesan, dan langkah kedua membuat tujuan anda menjadi tujuan yang khusus. Seperti “saya ingin mendapatkan nilai yang bagus.” menjadi “saya ingin mendapatkan nilai A disetiap mata kuliah saya.”. Dan setelah anda membuat tujuan khusus anda maka kerjarlah tujuan tersebut sampai dapat.

4. Fokus pada perbaikan kecil terus-menerus

Rata-rata orang ingin kaya dalam semalam. Padahal mereka tahu bahwa segala sesuatunya membutuhkan waktu dan tidak bisa terjadi pada hari itu juga. Mereka selalu ingin langsung melihat hasil akhir yang tinggi tanpa melakukan usaha yang besar. Melakukan perbaikan kecil terus-menerus merupakan usaha untuk mendapatkan hasil yang tinggi dan memang membutuhkan beberapa waktu, tetapi akan sangat berharga. Berfokuslah untuk menjadi lebih baik setiap hari daripada mencapai sesuatu yang besar dalam waktu yang singkat.

5. Mempertahankan pola pikir positif

Pikiran anda adalah kuas yang melukis takdir anda. Apabila anda selalu berpikiran positif maka hasil yang anda dapatkan akan sesuai dengan pikiran positif anda dan secara tidak langsung tubuh anda akan merespon kebaikan yang anda pikirkan. Cobalah untuk berpikir positif dan tidak melihat kelemahan, jangan biarkan pikiran negatif mengusai pikiran anda karena akan mempersulit membuat suatu kebaikan pada diri anda. Berpikir positif juga akan menghilangkan stress dan membuat anda bahagia.

6. Pakaian untuk permaisuri

Bila anda berpakaian seperti pemenang, orang cenderung akan menghormati anda. Dalam psikologi ini, dikenal dengan “The halo effect”. Secara khusus, orang cendurung berpresepsi tentang anda dengan satu kualitas yang anda tunjukan. Jika anda terlihat hebat dan anda menjaga penampilan, maka orang beranggapan bahwa anda adalah seorang yang pantas dihargai, tentunya seseorang yang juga sukses, dapat dipercaya, dan baik hati.

7. Merangkul kegagalan

Seseorang yang berhasil mempercayai bahwa kegagalan adalah batu pijakan menuju kesuksesan. Setiap kegagalan menghasilkan penghargaan yang lebih besar dari pemenang karna kegagalan memberikan anda pelajaran hidup yang tak ternilai harganya. Mulailah melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk menjadi lebih baik daripada membiarkan mereka merendahkan anda dan mengecewakan anda.

8. Tidak mencari keadaan sempurna tetapi membuat keadaan saat ini sempurna

Apa yang anda tunggu? Saat yang pas dan ideal tidak akan pernah datang. Hanya tekad dari diri kita sendiri yang dapat membuat keadaan menjadi pas dan ideal. Memulailah secepat mungkin dan memanfaatkan sebaik-baiknya dari apa yang anda miliki.

9. Mengelilingi diri dengan pemenang

Jim Rohn telah mengatakan bahwa “Anda rata-rata dari 5 orang yang sebagian menghabiskan banyak waktu dengan Anda.” Orang-orang dengan siapa rekan anda yang memainkan peran penting dalam hidup anda karena membentuk gaya hidup dan kepercayaan anda. Apabila anda berada disekitar orang-orang yang berpikiran negatif maka anda tidak dapat mempertahankan pikiran positif anda. Kelilingi diri anda hanya dengan orang-orang yang berpikiran sama dengan anda yang memiliki impian besar dan sangat ingin mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Mereka akan membawa anda ke puncak bersama mereka.

10. Tidak membual dan mendengarkan

Seseorang yang sukses selalu ingin belajar hal yang baru. Mereka mengajukan pertanyaan dan mendengarkan saran orang lain dengan hati-hati. Mereka biasanya tidak banyak berbicara karena mereka fokus mendengarkan dan memproses informasi.

11. Membantu orang lain

Sukses bukan merawat untuk kebutuhan egois anda, ini tentang merawat kebutuhan orang lain. Setiap orang sukses mencapai tujuan nya karena tujuan itu membantu kebutuhan orang lain dalam beberapa hal. Seperti hal nya Mark Zuckerberg yang memberi dunia alat untuk mempermudah komunikasi dengan orang yang jauh, dan penemu-penemu teknologi lain nya. Jadilah seseorang yang hanya fokus terhadap diri sendiri, fokuslah bagaimana anda dapat memperbaiki kehidupan orang lain.

12. Mengetahui bahwa pendidikan adalah proses konstan

Apakah anda yakin akan berhenti belajar apabila anda selesai sekolah atau kuliah?Jika jawaban nya YA, maka sangat penting untuk mengubah pemikiran seperti itu sebelum terlambat. Pendidikan tidak boleh berhenti di sekolah mau perguruan tinggi yang artinya anda harus selalu belajar hal baru setiap hari. Bukanlah suatu kebetulan bahwa orang-orang yang paling sukses adalah mereka yang telah membaca banyak sekali buku dan telah menghabiskan banyak waktu untuk memperoleh keterampilan baru.

13. Memiliki keberanian untuk mengatak tidak

Ini sebenernya adalah kualitas yang benar-benar memisahkan seseorang yang sukses dari orang-orang sezaman nya. Bila anda tidak takut untuk mengatakan tidak, anda telah menghindari kebutuhan untuk menyenangkan semua orang. Bila anda tidak ingin melakukan sesuatu, katakan saja dan meminta maaf atas keputusan anda. Seperti halnya teman anda mengajak anda main tetapi anda menolaknya karna ingin belajar.

14. Bertanggung jawab atas tindakan nya

Banyak orang yang menunjuk seseorang atas kesalahan yang mereka buat. Mereka tidak bertanggung jawab atas yang mereka perbuat dan selalu menyalahkan orang lain dalam kesengsaraan hidupnya. Melepas tanggungjawab anda tidak akan membantu anda untuk mencapai tujuan anda, hal itu hanya akan menyakiti perasaan orang lain atau bahkan menimbulkan permusuhan. Seseorang yang sukses akan bertanggung jawab atas segala tindakan yang mereka perbuat.

https://nigerianscholars.com/2015/09/14-things-successful-students-do-differently-from-others.html

A post was merged into an existing topic: Apa saja hal yang dilakukan oleh siswa terbaik ?

Kunci untuk menjadi seorang siswa yang efektif adalah belajar bagaimana belajar lebih pintar, tidak lebih keras. Ini menjadi lebih dan lebih benar saat Anda maju dalam pendidikan Anda. Satu atau dua jam belajar sehari biasanya cukup untuk mendapatkannya melalui sekolah menengah dengan nilai memuaskan, tapi ketika kuliah tiba, tidak cukup banyak waktu dalam sehari untuk menyelesaikan semua pelajaran Anda jika Anda tidak tahu bagaimana cara belajar lebih pintar

Sementara beberapa siswa mampu semilir melalui sekolah dengan sedikit usaha, ini adalah pengecualian. Sebagian besar siswa sukses mencapai kesuksesan mereka dengan mengembangkan dan menerapkan kebiasaan belajar yang efektif. Berikut adalah 5 kebiasaan belajar yang digunakan oleh siswa yang sangat sukses. Jadi jika Anda ingin menjadi seorang siswa yang sukses, jangan berkecil hati, jangan menyerah, hanya bekerja untuk mengembangkan masing-masing kebiasaan belajar di bawah ini dan Anda akan melihat nilai Anda naik, pengetahuan Anda meningkat, dan kemampuan Anda untuk belajar dan mengasimilasi informasi.

1. Jangan berusaha menjejalkan semua pelajaran Anda ke dalam satu sesi.
Pernah menemukan diri Anda larut malam menghabiskan lebih banyak energi untuk menjaga agar kelopak mata tetap terbuka daripada yang Anda pelajari? Jika demikian, inilah saatnya untuk sebuah perubahan. Siswa yang berhasil biasanya menghabiskan banyak pekerjaan mereka selama periode waktu yang lebih singkat dan jarang mencoba menjejalkan semua pelajaran mereka hanya dalam satu atau dua sesi. Jika Anda ingin menjadi seorang siswa yang sukses maka Anda perlu belajar untuk konsisten dalam studi Anda dan memiliki periode belajar yang teratur namun lebih pendek.

2. Rencanakan kapan Anda akan belajar.
Siswa yang sukses menjadwalkan waktu-waktu tertentu sepanjang minggu ketika mereka akan belajar - dan kemudian mereka sesuai dengan jadwal mereka. Siswa yang belajar secara sporadis dan anehnya biasanya tidak tampil sebaik siswa yang memiliki jadwal belajar. Bahkan jika Anda semua mengikuti studi Anda, menciptakan rutinitas mingguan, di mana Anda menyisihkan jangka waktu beberapa hari dalam seminggu, untuk meninjau program Anda akan memastikan Anda mengembangkan kebiasaan yang akan memungkinkan Anda berhasil dalam pendidikan Anda lama. istilah.

3. Belajar pada saat bersamaan.
Tidak hanya penting bahwa Anda merencanakan kapan Anda akan belajar, penting bagi Anda untuk membuat rutinitas sehari-hari yang konsisten. Bila Anda belajar pada waktu yang sama setiap hari dan setiap minggu, Anda belajar akan menjadi bagian rutin dalam hidup Anda. Anda akan secara mental dan emosional lebih siap untuk setiap sesi belajar dan setiap sesi belajar akan menjadi lebih produktif. Jika Anda harus mengubah jadwal Anda dari waktu ke waktu karena kejadian tak terduga, tidak apa-apa, tapi segera kembali ke rutinitas Anda begitu acara berlalu.

4. Setiap waktu belajar harus memiliki tujuan tertentu.
Cukup belajar tanpa arahan tidak efektif. Anda perlu tahu persis apa yang perlu Anda capai selama setiap sesi belajar. Sebelum mulai belajar, tetapkan sasaran sesi studi yang mendukung keseluruhan tujuan akademis Anda (yaitu menghafal 30 kata kosa kata untuk memberi tahu bagian kosa kata pada tes Bahasa Inggris yang akan datang.)

5. Jangan menunda-nunda sesi belajar yang direncanakan.
Ini sangat mudah, dan biasa, menunda sesi belajar Anda karena kurang tertarik dengan topik ini, karena Anda memiliki hal lain yang perlu dilakukan, atau hanya karena tugasnya sulit dilakukan. Siswa yang berhasil JANGAN menunda-nunda belajar. Jika Anda menunda-nunda sesi belajar Anda, pembelajaran Anda akan menjadi jauh kurang efektif dan Anda mungkin tidak menyelesaikan semua hal yang Anda butuhkan. Penundaan juga menyebabkan terburu-buru, dan terburu-buru adalah penyebab kesalahan nomor satu.

Sumber: http://www.educationcorner.com/habits-of-successful-students.html