© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dilakukan Lazada sehingga dapat memenuhi segmentasi dari kebutuhan penggunanya?

Platform marketlplace Lazada telah memasuki usia lima tahun di dunia e-commerce di Indonesia. Mewarnai dunia e-commerce Tanah Air, Lazada mengaku memuaskan makin banyak pembeli online yang terus kembali berbelanja di platform tersebut. Dalam perkembangan e-commerce yang semakin maju, beberapa platform e-commerce seperti Lazada dapat membuat para penggunanya senang. Apa yang dilakukan Lazada sehingga dapat memenuhi segmentasi dari kebutuhan penggunanya?

Shopping search engine adalah suatu mesin pencari yang khusus digunakan untuk mencari produk-produk yang dijual di toko-toko online di seluruh Indonesia. Lazada.co.id menjadi terpopuler untuk sub kategori Toko Retailer. Selain jumlah produknya yang hampir mencapai 200.000 barang, Lazada.co.id menjadi favorit karena kemudahan transaksi, tracking produk yang menjamin keamanan, serta kecepatan pengiriman. Prestasi ini jelas sangat membanggakan. CEO Lazada Indonesia, Magnus Ekbom, menuturkan perseroan selalu berusaha menciptakan online shopping mall yang baik. Dengan adanya 13 kategori, konsumen akan terus ingat Lazada, yang hampir menjual seluruh produk rumah tangga.

Memahami kebutuhan pengguna
Titik sentuh berikutnya adalah lewat layanan pelanggan (customer service) dan media sosial (social-media). Komunikasi dua arah berlangsung di sana. Untuk mengoptimalkan pelayanan, staf layanan nasabah pun beragam. Ada CS telepon, CS email, dan juga untuk CS yang melakukan chat secara langsung. Customer service pada dasarnya memiliki tanggung jawab terhadap bentuk masalah dari produk perusahaan yang seringkali dikeluhkan oleh pihak pelanggan. Selain itu, ia juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan layanan informasi mengenai setiap bentuk produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Dengan bentuk informasi yang detail, maka penjualan pun akan lebih meningkat, dan mampu menarik pelanggan dengan lebih mudah.

strategi layanan itu akhirnya bermuara pada kepuasan konsumen

user needs lazada2

3 Langkah Lazada untuk mengembangkan platform yang disukai konsumen
Tiga langkah yang dimaksud yakni shopping, delivery dan application.

  • Dari sisi shopping, Lazada ingin memperbanyak produk di platformnya, dengan menyediakan semua barang di offline ke online.Langkah itu sangat penting untuk memnbuat pengguna terus merasakan kemudahan mencapai apa yang dibutuhkan. Untuk mencapai itu, Lazada mengandalkan UKM.

  • Untuk sisi delivery, pengiriman barang yang dipesan dengan cepat ke tangan konsumen tentu menjadi harapan. Lazada ingin hal itu bisa benar-benar bisa terjadi dan memuaskan konsumen.Barang yang dikirim tidak menghabiskan waktu berhari-hari untuk sampai ke konsumen.

  • Pengembangan ke depan yang ingin dilakukan Lazada yakni dari sisi aplikasi. Menginginkan para konsumen belanja online memanfaatkan aplikasi Lazada dalam membeli barang yang mereka butuhkan. Untuk memberikan kenyamanan dan menarik konsumen, aplikasi Lazada nantinya bisa disesuaikan dengan karakteristik dan keinginan konsumen. Misalnya, konsumen yang suka dengan fashion, maka nantinya di aplikasi Lazada yang akan muncul adalah didominasi kategori fashion.

Lazada menggunakan berbagai channel yang ada baik televisi maupun online untuk mengkampanyekan berbagai penawaran dari Lazada. Memberikan reward diimbangi dengan berbagai pilihan promo yang menarik merupakakan cara yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen Lazada.

Sumber: