Apa yang dilakukan apabila kita digigit kucing?

kucing

(Elmo) #1

image

Kucing saya suka menggigit ketika saya dekati. Saya tidak bisa membedakan gigitan tersebut tanda suka atau kesal. Apa yang dilakukan apabila kita digigit kucing?


(Stella A) #2

Ketika kita digigit kucing kesayangan kita, maka hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Cari tahu alasan menggigit
    Umumnya kucing menggigit karena cara kita bermain dengannya. Kebanyakan dari kita senang bermain menggunakan tangan dan jari ketimbang mainan dengan kucing. dari sudut pandang kucing tangan atau jari kita adalah mainan yang boleh digigit. Jika gigitannya makin keras saat bermain, itu artinya kucingmu kesal dan ingin menyudahi permainanmu. Kebiasaan menggigit juga bisa terjadi akibat ia dipisahkan dari induknya dan saudara-saudaranya terlalu dini. Kucing belajar batas-batas dan kapan ia boleh menggigit serius dan kapan menggigit bercanda dari pergaulan dengan saudara-saudaranya. Ada pula kucing yang tiba-tiba menyerang tuannya secara tiba-tiba, padahal sedang enggak bermain. Kasus seperti ini biasanya menandakan kucing merasa bosan atau stres.

  2. Jangan menarik ketika digigit
    Secara insting, kucing akan makin keras menggigit buruan yang mencoba kabur dari cengkeramannya. Dalam hal ini, kita adalah buruan mereka. Jadi, cobalah untuk enggak menarik tangan saat kucing menggigit untuk menghindari gigitan makin kencang dan terluka. Rileks dan diam hingga kucing akhirnya akan meregangkan dan melepaskan gigitannya.

  3. Hindari area sensitif dan gunakan mainan
    Kadang kucing kesayangan jadi terlalu bersemangat saat bermain hingga ia menggigit kencang. Sebaiknya hindari menggunakan tangan atau jari secara langsung saat bermain. Ajari kucing bahwa tangan dan jari kita bukan mainan yang bisa ia gigit. Gunakan mainan sehingga tangan kita enggak berdekatan dengan mulutnya. Hindari pula daerah sensitif saat bermain, misalnya perut.

  4. Hentikan sesaat
    ika kucing mulai menggigit kencang, jangan menarik tangan atau jari kita. Tenang dan biarkan hingga kucing meregangkan gigitannya. Lalu, hentikan permainan sesaat. Balikkan badan dan jangan berbicara atau memberikan bahasa tubuh apapun pada kucing. Setelah kucing tenang, ajak ia bermain lagi. Lakukan cara dengan konsisten ini setiap kali ia menggigit keras. Dengan begitu kucing akan belajar jika ia menggigit maka teman bermain favoritnya akan menghilang.

  5. Buat kucingmu lelah
    ucingmu suka menggigit secara tiba-tiba di luar permainan? Atau kucingmu suka menyerang kakikmu ketika kamu tidur? Bisa jadi kucingmu bosan atau stres. Luangkan waktu bermain dengannya. Mengajaknya bermain selain memperkuat bonding antara kita dan kucing kesayangan, juga bertujuan untuk menguras energinya. Setelah kucing cukup bermain, ia akan merasa lelah dan cenderung lebih rileks.

Source:
https://petlogue.com/curation/kucingmu-suka-menggigit-ketika-diajak-bermain-ini-5-cara-menghentikannya/