Apa yang dilakukan apabila bokong bayi berada di bagian bawah rahim?

image

Posisi bokong janin berada di bagian bawah rahim, sering disebut dengan posisi sungsang. Hal ini sering terjadi pada kehamilan masih muda. Pada trimester tiga, janin mulai mengambil posisi lahir.

Apa yang dilakukan apabila bokong bayi berada di bagian bawah rahim ?

Persalinan dengan presentasi bokong adalah persalinan yang terjadi dimana bokong bayi keluar terlebih dahulu. Jika kondisi ini terjadi pada bayi pertama, akan lebih baik bagi ibu untuk melahirkan di Rumah Sakit terdekat. Jika dia tetap berada di rumah, usahakan untuk memanggil bidan terlatih atau dokter untuk membantu persalinannya.

Apa yang harus dilakukan dengan persalinan presentasi bokong

  1. Bantu ibu untuk tidak mengedan sampai bokong bayi terlihat di liang vagina. Sangat penting jika leher rahim terbuka dengan sempurna terlebih dahulu.

  2. Posisikan ibu setengah jongkok.

image

  1. Anjurkan dia untuk mengedan agar tubuh dan kepala bayi dapat keluar perlahan. Kaki bayi biasanya keluar dengan sendirinya, tetapi terkadang juga anda perlu memasukkan tangan ke dalam liang vagina untuk mengeluarkannya.

image

  1. Kendorkan sedikit tali pusat dengan lembut agar tidak kencang nantinya. Jika tali pusat tetap berada di bawah tulang pubis ibu, pindahkan tali pusat tersebut ke samping pada dinding yang lebih lunak.

image

  1. Bungkuslah bayi dengan kain kering yang hangat. Hali ini akan membantu anda memegang bayi dan menahan bayi untuk mencoba bernapas sebelum kepalanya keluar.

image

  1. Mintalah bantuan asisten anda untuk melakukan penekanan pada perut bagian bawah (bukan pada perut bagian atas). Hal ini untuk membantu agar kepala bayi mendekat ke bagian dada, bukan untuk mendorong bayi keluar. Hati-hati saat mengeluarkan bayi dan melahirkan bahu atas. Peganglah bagian pinggang atau kaki bayi. Hati-hati! Penekanan pada punggung atau perut bayi dapat menyebabkan cedera pada bayi tersebut.

image

  1. Berhati-hatilah saat anda mengangkat bayi untuk melahirkan bahu belakang.

image

  1. Sekarang bayi perlu diputar sehingga bagian wajahnya turun menghadap ke bokong ibu.

image

  1. Turunkan bayi hingga anda melihat batas rambutnya di bagian leher belakang. Jangan menarik bayi! Juga jangan membengkokkan leher bayi karena leher tersebut dapat patah.

image

  1. Pertahankan posisi kepala bayi dekat dengan dadanya pada saat anda mengangkat badan bayi untuk melahirkan muka. Biarkan bagian belakang kepala bayi tetap berada di dalam liang vagina.

image

  1. Ibu harus tenang, berhenti mengedan, dan bernapaslah seperti biasa agar bayi bisa keluar. Bagian belakang kepala bayi harus dikeluarkan dengan perlahan. Jika bagian ini dikeluarkan terlalu cepat, bayi dapat mengalami perdarahan otak dan meninggal, atau terjadi kerusakan otak.