Apa yang dibutuhkan Sebelum Memelihara Hamster ?

Jika saya ingin memelihara hamster pertama kali, tentu ada perlengkapan untuk kebutuhan dasar yang sebaiknya Anda beli bersama dengan hamster. apa saha kebutuhan dasar seekor hamster
image

Kebutuhan dasar seekor hamster adalah:

  1. Kandang

  2. Makanan Hamster

  3. Serbuk Kayu

  4. Botol Minum

  5. Tempat Makan

  6. Pasir Zeolit

Dengan keenam perlengkapan di atas hamster dapat hidup dengan baik di rumah Anda. Tapi tentu saja perlengkapan lain bisa menjadi bagian yang penting dalam kehidupan seekor hamster, tapi mungkin bisa dibeli di kemudian hari atau bahkan ada yang tidak perlu Anda beli sama sekali.

Belilah barang-barang keperluan hamster secara bijaksana, jangan menghabiskan uang untuk membeli segala aksesoris yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan mengorbankan kebutuhan utama hamster Anda.

Alokasi Dana Anda

Selama ini saya sering melihat orang-orang yang telah salah mengalokasikan dananya untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan oleh hamster dan mengabaikan hal-hal yang sebenarnya penting.

Yang paling sering terjadi adalah pemotongan dana untuk makanan dan memilih mainan mahal yang lucu untuk hamster. Hal ini adalah kesalahan paling fatal yang sering terjadi. Akibatnya dalam beberapa bulan, kandang hamster akan menjadi penuh dengan mainan yang lucu sedangkan hamsternya sendiri terlihat lusuh, kurus dan kusam.

Jika Anda mau memelihara hamster dengan serius, pertama- tama yang harus Anda pikirkan tentu kesehatan dan gizi yang diterima hamster. Saran saya, sisihkan bagian dana terbesar untuk membeli makanan hamster yang berkualitas. Walaupun kandang hamster Anda sederhana, tapi dengan hamster sehat yang lucu Anda tidak akan pernah bosan bermain dengannya.

Jangan tergoda untuk membeli makanan murah ditambah dengan vitamin. Hasilnya akan berbeda jauh dengan Anda memberikan makanan yang berkualitas. Dengan makanan yang bagus Anda bahkan tidak usah membeli vitamin lagi, yang artinya Anda bisa menghemat uang Anda.

  1. Kandang Hamster

Pertama yang harus dipersiapkan adalah kandangnya. Kita dapat membuat sendiri tetapi jika ingin praktisnya kita dapat membelinya di petshop terdekat. Untuk kandang yang dijual dibeberapa petshop harganya sangat bervariasi dari mulai Rp 30.000 (kecil) – Rp 300.00 (besar).

  1. Alas Kandang
    Untuk alas kandang, ada beberapa yang bisa kalian pilih antara serbuk kayu atau pasir zeolit no.1 dan 2 ( Perbedaan No 1 dan No 2 hanya Ukurannya saja, Contoh Bisa di lihat di gambar bawah ). Saya pribadi menggunakan keduanya, pada alas utama saya beri serbuk kayu dan pada salah satu sisi saya beri pasir zeolit untuk keperluan toilet hamster. Tak lupa juga jika kalian memberikan rumah-rumahan hamster berikan alas berupa serbuk kayu atau tissue yang sudah disobek memanjang. Ini berguna supaya saat hamster tidur mereka merasa hangat. Jangan lupa untuk mengganti alas kandang seminggu sekali atau jika dirasa serbuk sudah berbau.

  2. Makanan
    Hamster adalah hewan omnivora, namun ada beberapa makanan pantangan yang harus diketahui oleh pemilik. Jika pemilik salah memberikan makan bisa-bisa hamster bukannya sehat namun banyak penyakit yang bersarang. Contoh makanan sehat untuk hamster :

  3.   Biji Bunga Matahari
    
  4.   Kacang Hijau
    
  5.   Kacang Kedelai
    
  6.   Kacang tanah
    
  7.   Biji jagung
    
  8.   Beras merah
    
  9.   Oatmeal
    
  10.   Popcorn (tawar, tidak ada rasa)
    
  11.   Buah-buahan kecuali jeruk
    
  12. Ubi

  13. Wortel (jangan terlalu banyak, dapat mengakibatkan diare)

  14. Tauge

  15. Jelly khusus hamster
    Dari makanan diatas yang dapat diberikan untuk hamster, ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan untuk hamster yaitu makanan yang berbau menyengat (bawang, duren,jeruk), garam, daging babi, kacang merah, cokelat, permen, sosis, selai, terong, semagka.
    Untuk banyaknya makanan sebaiknya tetap diawasi jumlahnya, jangan sampai karena kita terlalu sayang pada hamster lalu kita memberikan porsi yang sembarangan kepada mereka, sekali-sekali bolehlah kita memberikan camilan. Untuk jadwal pemberian makan disarankan untuk memberi mereka makan pada waktu malam atau sore hari saat mereka sedang aktif-aktifnya bergerak.

  16. Minum
    So pasti untuk minum, jangan lupa memberi minum Hamster, bisa menggunakan Air Mineral atau Air Mentah yang bersih tetapi sangat di sarankan Air Mineral agar bebas penyakit dan kuman…

  17. Mainan
    Mainan yang sebenar tidak wajib dimiki oleh hamster contohnya adalah jogging well. Di habitat aslinya hamster biasa berjalan sejauh 20 km. Jadi tidak heran jika hamster aktif berjalan mondar-mandir saat berada di kandang. Untuk menyalurkan nalurinya tersebut, maka bagi pemilik baru harus memberikan jogging well pada hamsternya. Jika tidak ada mainan ini dikhawatirkan hamster akan menalami kelumpuhan.

  18. Toilet
    Untuk yang satu ini pastilah wajib, karena manusia saja butuh ke toilet masak hamster tidak? Oleh karena itu sediakan tempat khusus untuk toilet hamster. Kalian bisa memanfaatkan pasir zeolit sebagai medianya, dengan cara menaburkan pasir zeolit di pojok kandang atau menggunakan toilet khusus yang dijual di petshop dan diisi pasir zeolit didalamnya. Jangan lupa untuk memberikan sedikit bekas pipis hamster supaya mereka tahu bahwa disana toilet mereka.

  19. Mandi
    Hamster termasuk binatang yang tidak suka terkena air terlalu lama, jika ingin memandikan hamster dengan air disarankan harus dimandikan oleh orang yang ahli. Karena jika salah memandikan bisa-bisa hamster malah mati. Untuk itu lebih baik kalian membeli pasir mandi yang dijual di petshop. Harganya berkisar Rp 9.000 – Rp 20.000, pasir mandi ini memiliki aroma yang bermacam-macam ada wangi apel, lavender, lemon, mawar, anggur, dan stroberi. Lalu bagaimana cara mereka mandi? Pada dasarnya jika hamster sudah mulai kotor, ia akan mengguling-gulingkan diri ke pasir mandi yang kita sediakan. Jadi kita tidak perlu memaksa mereka untuk mandi.

sumber:http://rumahamsterikky.blogspot.co.id/2014/04/apa-saja-si-yang-dibutuhkan-sebelum.html