Apa yang dibutuhkan dalam sebuah Sistem Informasi?

Dalam keperluan sebuah universitas, diperlukan adanya sebuah sistem yang bisa memudahkan jalannya sistem perkuliahan baik itu untuk mahasiswa maupun dosen. Oleh karena itu, diciptakanlah sebuah Sistem Informasi Akademik. Pertanyaan saya adalah Apa yang dibutuhkan dalam sebuah Sistem Informasi ?

Sistem Informasi Akademik adalah aplikasi untuk mengelola data akademik dan administrasi perkuliahan mahasiswa. Sistem ini dirancang untuk dapat mengelola aktivitas akademik seperti KRS dan KHS, pengelolaan data absesnsi dan jadwal kuliah, pengelolaan kurikulum dan semester, yang sesuai standar pelaporan DIKTI. Pembuatan aplikasi ini berfungsi dalam pengelolaan administrasi dan manajemen akademik yang berkaitan dengan proses perkuliahan mahasiswa.

Karena prinsipnya mirip dengan database maka hal yang diperlukan adalah :

  1. Hardware
    Hardware diperlukan untuk menjalankan computer, seperti mouse, keyboard, memory, cpu, dll. Tanpa hardware maka computer tidak akan bisa dioperasikan dan database tidak mungkin bisa dibuat. Hardware yang dibuthkan tentulah harus berspesifikasi tinggi karena akan menampung banyak sekali data dari puluhan ribu mahasiswa.

  2. Data
    Berbicara tentang database tentu kita harus memiliki sesuatu yang akan disimpan dalam database itu sendiri yaitu data. Data sangat penting karena untuk apa kita membuat database jika kita tidak memiliki data yang cukup. Komponen data inilah yang nantinya akan digunakan dalam mengambil keputusan. Data yang akan dimasukkan disini adalah data kemahasiswaan seperti biodata, foto, dan hal lainnya yang menyangkut kemahasiswaan.

  3. Software
    Kita memerlukan software untuk menyimpan dan membuat database. Banyak software yang digunakan untuk membuat database, dan software diambil berdasarkan keperluan kita dalam membuat database. Dalam hal ini software yang perlu kita pilih adalah software yang bisa menampung banyak data dan tidak akan down ketika user mengakses secara bersamaan.

  4. User
    Pengguna adalah orang yang akan menggunakan database, dan user sendiri terbagi menjadi database manager, database administrator, dan database user. Tentu saja user menjadi penting terutama database manager dan database administrator karena system akademik ini harus terus dijaga agar data-data yang dimasukan tidak hilang atau diretas.

Karena system informasi akademik ini berbasi web, maka yang perlu diperhatikan lagi adalah desain dari web nya sendiri harus user friendly. Banyak bahasa pemograman yang harus dikuasai dalam pembuatan sistem informasi akademik ini, diantaranya MySQL, JQuery, PHP, CakePHP, CodeIgniter, Bootstrap, dsb.

Sumber :

https://sisteminformasiakademik.wordpress.com/category/sistem-informasi-akademik-2/
https://en.wikipedia.org/wiki/Student_information_system

Sistem Informasi Akademik adalah sebuah sistem untuk mengatur atau me manage informasi dan data dalam sebuah institusi pendidikan seperti universitas. Data yang diatur meliputi data mahasiswa, transkrip nilai, presentasi kehadiran, dan banyak hal lain yang berhubungan dengan relasi mahasiswa dan institusinya. Selain masalah administrasi akademik, sistem informasi akademik juga harus bisa mengelola data keuangan yaitu pembayaran dan tagihan mahasiswa.


Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/df/Student_Data_Management.gif

Dalam pembuatan Sistem Informasi Akademik khusunya yang berbasis Web ada 2 hal yang diperlukan yaitu:

  1. Database
    Dalam membuat suatu database hal yang dibutuhkan pertama adalah software pembuat database seperti MySQL, Oracle, atau IBM DB2 database. Yang kedua dibutuhkan sebuah server sebagai tempat penyimpanan data dan beberapa backup jika terjadi hal yang tidak diinginkan

  2. Website
    Untuk menampilkan sistem tersebut yang nantinya akan dipakai mahasiswa dibutuhkan website. Website dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web seperti HTML5, PHP, Ruby.

Sumber:

  1. http://lib.unnes.ac.id/11586/
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Student_information_system

Sistem informasi akademik adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur informasi dan data pada sebuah universitas. Data yang diatur ada identitas mahasiswa,daftar kehadiran, nilai, jadwal kuliah, dan masih banyak lagi yang berhubungan tentang mahasiswa. Selain akademik sistem informasi biasanya mengatur data keuangan dan tagihan.

Maka ada beberapa hal yang dibutuhkan dalam sistem informasi akademik yaitu :

  1. Server
    Sebelum kita mendapatkan kita harus memiliki tempat penyimpanannya yaitu Server karena di dalam menyimpan data kita membutuhkan banyak tempat untuk menyimpan data puluhan ribu mahasiswa. Dan kita membutuhkan tempat untuk server backup, jika terjadi kesalahan pada server utama maka data seluruh mahasiswa tidak akan hilang karena disimpan dalam server backup.

  2. Data
    Setelah ada tempat menyimpan data tersebut yang kita butuhkan adalah Data karena data sangat penting untuk apa kita membuat server jika tidak ada data yang disimpan, data yang dimaksud adalah informasi tentang identitas mahasiswa dan yang menyangkut kemahasiswaan.

  3. Website
    Sebelum kita mengumpulkan data kita harus memiliki Website di dalam website ini kita bisa menginput data yang di butuhkan universitas yang akan di simpan ke dalam server, website dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web seperti HTML5.

Sumber :
http://www.techlearning.com/student-information-systems