Apa yang dibutuhkan agar kita bisa kerja di Google?


(Nurina Ayuningtyas) #1

Google adalah salah satu perusahaan multinasional yang sangat mengutamakan kesejahteraan karyawannya. Hal ini dibuktikan dengan gaji yang sangat menggiurkan, lingkungan kerja yang sangat nyaman dan masih banyak fasilitas lainnya. Jadi apa sebenarnya yang harus kita penuhi agar menjadi salah satu orang terpilih yang dapat bekerja di Google?


(Iqbal Putra Santosa) #2

Ada beberapa hal penting tentang bagaimana dan apa saja kriteria Google dalam mencari karyawan terbaik untuk bekerja didalamnya.

Hal pertama mulai dari tentang IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Menurut Google IPK itu worthless, tidak berharga. Juga hasil tes, yang tidak memprediksikan apapun. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya jumlah karyawan yang bukan lulusan perguruan tinggi. Sekarang berkisar 14 persen dari beberapa unit kerjanya.

Google menegaskan IPK atau nilai yang bagus itu penting karena banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan matematika, komputer dan coding, seputar bahasa pemrogaman. Jadi kalau anda punya itu semua bisa menjadi sebuah keuntungan. Tapi Google punya kriteria lain bukan hanya itu.

Sumber image: jurnalweb.com

Menurut yang saya ketahui ada 5 poin yang dinilai dalam proses rekrutmen, semuanya akan dinilai untuk setiap pekerjaan di Google. Kita lihat satu persatu pembahasannya dibawah ini:

1.General Cognitive Ability
Bahasa sederhananya kemampuan kognitif umum. Bukan IQ. Tapi kemampuan belajar, menyerap sejumlah informasi yang berbeda-beda. Google melakukan assessment dengan structured behavioral interviews, terutama Psikologi.

2.Leadership
Tentu disini yang dinilai bukan traditional leadership seperti apakah calon karyawan itu pimpinan klub catur, pimpinan sales dll. Google menilai leadership calon karyawannya adalah bagaimana sikap ketika menghadapi masalah, sebagai bagian dari team, maju untuk memimpin. Bahkan dinilai juga bagaimana efektivitas dari leadership, saat kritis, bagaimana cara melepas kekuasaan. Yang terpenting tujuan akhir bisa tercapai.

3.Humility
Kerendahan hati, dalam memecahkan masalah apapun, melangkah mundur dan merangkul ide yang lebih baik dari orang lain. Bahkan Bock (Human Resourcenya Google) menambahkan istilah intelectual huminity, yaitu kerendahan hati dalam menciptakan ruang bagi orang lain untuk berkontribusi. Bock menegaskan banyak lulusan perguruan tinggi yang memiliki ego tinggi dan tidak memiliki atribut ini. Apabila hasilnya menunjukkan sesuatu yang baik, berhasil, maka mereka mengatakan karena mereka genius. Tapi kalau mengalami kegagalan, mereka dengan mudah beralasan karena kondisi market begini-begitu dan lain lain…

4.Ownership
Kalau ini sih sudah jelas dan umum diketahui, perlunya rasa memiliki dan rasa tanggung jawab dalam bekerja memegang jabatan yang mempengaruhi baik secara langsung atau tidak langsung terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan.

5.Expertise
Ini adalah atribut yang sangat penting, keahlian. Seseorang yang memiliki kemampuan kognitif, rasa penasaran, kemauan belajar yang tinggi serta terampil dalam kepemimpinan, ada kalanya mereka memiliki ide baru yang sangat berharga dibandingkan dengan orang yang ahli dalam satu bidang saja, yang sudah melakukannya berulang-ulang dalam jangka waktu lama.

Ke-5 poin diatas adalah beberapa hal yang dinilai Google dalam proses rekrutmen, masih banyak hal-hal lain yang saya tidak ketahui. minimal dengan ke-5 poin itu Anda dapat mempersiapkan diri dari sekarang untuk mengembangkan diri Anda agar diterima di perusahaan raksasa tersebut.

Terakhir Bock mengatakan, “Gelar (ijazah) tidak menjamin Anda memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan apapun. Dunia sekarang bekerja dan peduli pada apa yang Anda dapat lakukan dengan apa yang Anda tahu ( dan tidak peduli bagaimana Anda mempelajarinya). Kenyataan adalah sekarang zaman inovasi yang membutuhkan banyak kemampuan soft skill, kepemimpinan, kerendahan hati, kolaborasi, adaptasi dan kemauan untuk belajar dan belajar lagi. Inilah kenyataan yang harus kita hadapi dimanapun kita bekerja.”

Sumber: Mas Edwin Ginanjar


(Ihza Razan Alghifari) #3

Di Indonesia, gelar sarjana sering dianggap sebagai syarat mutlak sebagai modal untuk sukses. Seakan tanpa gelar akademis, kesempatan untuk bekerja di perusahaan ternama dan merintis karir yang menjanjikan tertutup rapat. Semua itu tidak sepenuhnya benar kok, bahkan Google yang merupakan salah satu perusahaan IT terbesar di dunia dan punya kantor keren di Jakarta justru tidak begitu mementingkan gelar sarjana.

Soalnya, yang bergelar sarjana belum tentu lebih sukses, lebih pinter drpd yang tidak kuliah. Tergantung usaha masing. Yaaa, kita bisa contoh tokoh apple Steve Jobs yang di D.O saat kuliah. Tetapi, mentang-mentang Steve Jobs di D.O kalian ikut di D.O jg ya rek haha. Tenang, Google tidak memikirkan masalah IPK, ijazah, atau apalah yang bersangkutan dengan kuliah. Yang di lihat Google adalah skill yg memumpuni, rendah hati, tekun dll. Tentu, Google jelas tidak sembarang menerima staff, harus memiliki skill yang handal, punya kreativitas yang tinggi, dan punya kemampuan di atas rata-rata. Tim HR Google telah merilis daftar keterampilan yang mereka ingin lihat dari seorang engineer atau insinyur, mari kita pelajari.

  1. Belajar Coding
    "Everybody in this country should learn how to program computer, because it teaches how you think."-STEVE JOBS
    Yaa, mungkin untuk mengasah otak kalian, ya salah satunya belajar coding, yang dimana otak kalian akan di asah agar memechakan masalah dengan cepat dan benar. Itulah orang-orang yang di cari Google.

  2. Mathematics
    The most hated subject in school. Always remedial. YA, apaboleh buat, Google mencari orang yang jago matematika. Google ingin karyawannya memahami matematika abstrak seperti logika dan matematika diskrit.Masuk akal sih, mengingat compute jika diartikan berarti menghitung, computer berarti mesin penghitung. Jelas komputer sangat erat hubungannya dengan matematika.

  3. Cryptography
    Zaman sekarang, dunia ini sudah marak yang bernama kejahatan. Yap, Cryptography / kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Hal ini jelas dibutuhkan untuk bekerja di Google, karena Google sangat suka dengan keamanan dunia cyber. Mengingat Google memiliki banyak produk online dan tentu mereka ingin semua berada dalam pengamanan yang baik. Dengan paham kriptografi tentu kamu menjadi kandidat potensial bagi Google.

Sebenarnya sih masih banyak ya kriteria untuk masuk google, tetapi 3 ini cukup mungkin. Asal kalian mendalami nya dengan baik. Semoga yang berminat masuk Google bisa tercapai. Tapi kalau kemampuan kalian lebih, kenapa ga bikin aja search engine baru, bisa mengalahkan google?

Sumber: https://jalantikus.com/tips/10-skill-untuk-bekerja-di-google/


(Panji Wicaksono) #4

Google adalah salah satu perusahaan IT terbesar didunia, google memiliki banyak sekali project yang cukup terkanal bahkan digunakan untuk membantu kehidupan masyarakat dunia.

Banyak sekali orang ingin melamar untuk menjadi karyawan google, namun untuk bekerja di google tidaklah mudah, google memilik beberapa kriteria, dan biasanya mereka mencari yang kemampuannya diatas rata-rata. Google hanya mempekerjakan 4.000 orang dari 2,5 juta pelamar setiap tahun.

Jika anda adalah seorang yang sedang menuntut ilmu di bidang IT, dan berharap suatu saat ingin bekerja di google, maka mungkin keahlian-keahlian berikut ini bisa anda pelajari, tidak perlu semua, cukup satu atau dua saja namun anda memahami secara mendalam, maka itu lebih baik tentunya. Tim HR Google telah merilis daftar keterampilan yang mereka ingin lihat dari seorang engineer, mari kita simak.

1. Programming

Google ingin setiap karyawan mereka bisa menulis kode program. Setidaknya satu bahasa pemograman berorientasi object seperti C++, Java atau Phython. Anda bisa belajar dari MIT OpenCourceWare atau situs-situs belajar online lainnya.

2. Testing

Melakukan pengujian atau testing dari program yang dibuat sama pentingnya dengan membuat program itu sendiri. Google ingin engineer mereka bisa mendeteksi bug, membuat tes debugging dan mencari celah dari software yang mereka buat.

3. Matematika

Komputer kalau dalam bahasa Ingris berarti computer, compute jika diartikan berarti menghitung, computer berarti mesin penghitung, jadi komputer sangat erat hubugannya dengan matematika. Google ingin karyawannya memahami matematika abstrak seperti logika dan matematika diskrit.

4. Algoritma dan Struktur Data

Memahami dasar-dasar jenis data seperti stacks, queues atau bags dan memahami algoritma pengurutan seperti quicksort, merge sort atau heapsort adalah penting menurut google.

5. Sistem Operasi

Google ingin calon karyawan yang memahami sistem operasi komputer dengan baik, karene hampir sebagian besar pekerjaan di google menggunakan komputer jadi tentu saja kemampuan dan pengetahuan tentang sistem operasi sangat dia butuhkan.

6. AI (Artificial Intelligence)

Google sangat suka membangun produk berbasikan AI atau kecerdasan buatan. Kantor google penuh dengan robot, merekapun memiliki banyak engine yang bisa bekerja secara otomatis. Jadi jika ingin bekerja di google maka tidak ada salahanya anda belajar tentang kecerdasan buatan / Artificial Intelligence dan seluk-beluknya.

7. Cryptography

Cryptography / kriptografi tentunya juga dibutuhkan untuk bekerja di google, karena google sangat suka dengan keamanan dunia cyber, mereka memiliki banyak produk online dan tentu mereka ingin semua berada dalam pengamanan yang baik. Jadi jika anda paham kriptografi tentu menjadi kandidat potensial bagi google.

8. Parallel Programming

Mungkin istilah ini jarang sekali kita dengar, meskipun kita berada di lingkungan IT. Konsepnya anda harus mampu melakukan beberapa penghitungan dalam waktu yang bersamaan, dan ini cukup disukai google.

9. Membuat Compiler

Google memahami bahwa program yang ditulis untuk dimengerti oleh manusia secara sistematis tentunya di translate atau diartikan untuk bahasa assembly tingkat rendah yang akhirnya dimengerti oleh mesin. Memahami bagaimana membuat compiler tentu menjadi nilai tambah yang sangat besar dimata google.

10. Bahasa Pemograman Lain

Google tentu akan menyukai anda jika anda mampu menguasai lebih dari satu bahasa pemograman, ada banyak sekali bahasa pemograman saat ini, dan sepertinya google menggunakan hampir seluruhnya untuk kepentingan yang berbeda-beda, jadi tidak ada salahnya anda belajar bahasa pemograman lain selain yang anda kuasai saat ini, anda bisa mempelajari Javascript, Ruby, HTML5 dan sebagainya.

Source : http://www.jurnalweb.com/