Apa yang di maksud sinematografi?

images (9)

Sinematografi erat kaitanya dengan dunia film.

Sinematografi berasal diturunkan dari bahasa Yunani yang berarti “menulis dengan gerakan” (Brown, 2012). Sinema adalah bahasa yang didalamnya terdapat kosa kata dan sub bahasa tentang lensa, komposisi, desain visual, pencahayaan, image control, continuity, movement, dan point-of-view, yang dengan bahasa ini kita bisa membuat “puisi”. (Brown, 2012). Seni dalam membuat “visual movements” untuk tujuan spesifik seperti untuk memberikan informasi atau untuk menghibur.

Sinematografi bukan hanya pengambilan gambar namun meliputi pembangunan ide, kata-kata, aksi, emosi, tone, dan berbagai format komunikasi nonverbal dan meramunya dalam karya visual (Brown, 2012).

Sinematografi (dari bahasa Yunani: 'kinema"gerakan" dan graphein - “merekam”) Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmu yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide (dapat mengemban cerita).

Sinematografi memiliki objek yang sama dengan fotografi yakni menangkap pantulan cahaya yang mengenai benda. Karena objeknya sama maka peralatannyapun mirip. Perbedaannya, peralatan fotografi menangkap gambar tunggal, sedangkan sinematografi menangkap rangkaian gambar.

image