Apa yang di maksud dengan Snapfit ?

Produsen asli Gunpla adalah Bandai, dan merk bootleg yang terkenal diantaranya Daban Model & Dragon Momoko.

1 Like

snapfit adalah kemudahan parts gunpla untuk dirakit, karena plastik model kit didapat dalam kondisi terpisah satu sama lain dan harus dirakit dengan menyatukan parts tersebut secara manual. Snapfit merupakan kelemahan yang paling terasa dalam sebagian gunpla bootleg, karena presisi dan kualitas alat produksi yang dimiliki produsen bootleg tidak sebaik original. Hal ini berimbas kepada saat dalam proses perakitan beberapa parts bisa jadi sulit untuk disatukan, atau bisa jadi terdapat cacat dalam produksi.
terkait cacat dalam produksi memang harus sadar bahwa bootleg adalah bootleg, tidak bisa menuntut 100% kualitas asli kepada produk tingkat 2 ini.
Di lain pihak snapfit bisa dimodifikasi dengan proses potong tambal lem : potong yang berlebih, tambal yang kurang pas, lem yang mudah lepas, Ini adalah peraturan pertama dalam merakit gunpla bootleg.
Dan sekali lagi jangan salah! gunpla keluaran MC memiliki snapfit yang sangat baik, oleh karena itu kadang MC tidak dikategorikan sebagai produsen bootleg, karena MC merombak ulang seluruh desain, tidak memakai nama produk yang sama, dan kualitas produknya yang baik.