Apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi saya

kesehatan gigi

Apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi saya?

1. Sikat gigi sedikitnya 2 kali dalam sehari

Sementara menyikat gigi tiga kali dalam sehari itu bagus, namun mencoba dan mempertahankan kebiasaan dicoba untuk menyikat 2 kali dalam sehari pagi dan malam sebelum tidur, menyikat gigi pun jangan berlebihan karena dapat mengikis enamel gigi anda, dan menyikat gigi dengan segera setelah makan dan minum dapat beresiko abrasi gigi. Lebih baik tunggu selama setengah jam baru lakukan menyikat gigi anda.

2. Ganti sikat gigi anda

Hal ini sangat penting untuk mengganti sikat gigi anda secara rutin, ganti atau buang sikat gigi setiap 3 bulan atau setelah bulu sudah tidak proporsional lagi, jika bulu sikat sudah berubah lebih cepat sebelum 3 bulan itu berarti anda menyikat gigi terlalu keras, hal ini pun tidak diperbolehkan menyikat gigi terlalu keras.

3. Menyikat gigi dengan durasi yang tepat

Menyikat gigi yang ideal adalah selama 2 sampai 3 menit, perkirakan dibagian gigi yang disikat masing-masing 30 detik, tidak boleh menyikat terlalu lama di satu tempat, karena dapat menyebabkan mengikis enamel gigi anda. Bagi anda yang memakai kawat gigi dapat lebih lama dalam menyikat gigi.

4. Menyikat gigi dengan benar

Menyikat dengan cara menempatkan bulu sikat pada sudut 45 derajat pada garis gusi dan sikatlah dengan arah kebawah dan keatas dikombinasikan dengan cara menyikat melingkar, sikat secara vertikal dibagian dalam gigi dan permukaan gigi depan.

5. Menghilangkan plak gigi

Salah satu hal yang penting untuk menghilangkan plak gigi dari semua permukaan gigi bagian dalam dan luar, ingatlah untuk menyikat permukaan gigi dimana lidah suka menekan pada gigi.

6. Membersihkan lidah

Tonjolan dan alur pada lidah dapat menimbulkan berkembangnya bakteri, oleh karena itu bersihkan lidah anda diwaktu menyiakt gigi, idealnya bersihkan lidah dengan mengunakan pembersih lidah khusus agar dapat mengikis kotoran dalam lidah.

7. Bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang

Dengan cara flossing untuk menghilangkan plak didaerah yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi yaitu didaerah antara gigi dan dibawah garis gusi, flossing dilakukan sebelum menyikat gigi karena fluoride dari pasta gigi akan mencapai sela-sela yang sudah bersih. Bakteri berkembang selama 24jam untuk membentuk plak gigi, oleh karena itu lakukan flossing sesekali saja dan tidak dianjurkan melakukan flossing dengan intensitas tinggi karena dapat merusak gusi anda.

8. Selalu berkumur

Larutan kumur antibakteri dapat membunuh bateri berbahaya yang berhubungan dengan plak dan penyakit gusi, kumur dengan fluoride dapat membantu jika anda memiliki gigi berlubang, kebanyakan dokter menyarankan untuk berkumur sebagai tambahan agar gigi dan mulut terjaga dari kuman dan semakin sehat. Namun menurut sebuah penelitian, obat kumur yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kanker mulut, alkohol juga dapat membuat mulut kering yang dapat membahayakan gigi dan gusi. Intensitas yang baik berkumur satu atau dua kali dalam sehari saja.