Apa yang Dapat Pemerintah Lakukan untuk Menangani Kerawanann Pangan Nasional?

Upaya apa yang dapat pemerintah lakukan untuk menangani kerawan pangan masih terjadi di Indonesia saat ini?

1 Like

Upaya yang dapat pemerintah lakukan untuk menangani kerawanan pangan nasinonal:
Pertama, pemerintah harus memiliki komitmen yang kuat dalam membangun ketahanan pangan dan perlu didukung oleh kelembagaan yang matang dan bisa bersinergi dengan pemangku kepentingan di bidang pangan lainnya, serta tersedia dana untuk mengoperasionalkan kegiatan yang telah dirancang.
Kedua, revitalisasi kelembagaan sistem kewaspaan pangan dan gizi (SKPG) dan kelembagaan masyarakat lainnya.
Ketiga, pemberdayaan masyarakat. Kelembagaan non formal yang berkembang dipedasaan seperti kelompok wanita dapat dilibatkan dalam memperbaiki kesehatan dan gizi masyarakat ataupun keluarga, dengan cara memberikan pengarahan untuk menanam tanaman obat, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi rumah tangga sehingga dapat membeli kebutuhan pangan yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan gizi.
Keempat, pembangunan lumbung pangan desa. Keberadaan lumbug desa ini sangat penting dan strategis nilainya. Lumbung desa dapat membantu para petani dan keluarganya saat masa paceklik dimana harga bahan pangan akan cenderung meningkat.
Melalui upaya-upaya tersebut diharapkan pembangunan ketahanan pangan disetiap wilayah akan semakin matang sehingga kerawanan pangan dan gizi buruk dapat diatasi dengan baik.

Refrensi:
Penanganan Rawan Pangan. https://bulelengkab.go.id/assets/instansikab/123/bankdata/penanganan-rawan-pangan-31.pdf

1 Like