© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dapat dipelajari dari Apple dalam memberikan pelayanan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pengguna?

Apple merupakan perusahaan yang dalam membuat produk sangat fokus terhadap pemenuhan kebutuhan pengguna. Apa yang dapat dipelajari dari Apple dalam memberikan pelayanan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pengguna?

1 Like

Apple Acronym

Apple store terkenal dengan layanan pelanggan yang sangat baik. Sebelum membuka toko Apple pertama, Steve Jobs bertanya kepada karyawan-karyawannya yang pada saat itu mengalami layanan pelanggan dengan kualitas terbaik. Banyak karyawan yang menjawab bahwa pengalaman terbaik mereka berada di Ritz-Carlton, Four Seasons, dan resort bintang lima lainnya.

Berdasarkan tanggapan ini, Steve Jobs mengadopsi pendekatan layanan pelanggan Ritz-Carlton dan melatih asosiasi toko Apple yang sesuai. Karyawan Apple diajarkan untuk menggunakan akronim A-P-P-L-E dalam menyediakan layanan yang terbaik bagi pelanggan mereka. Carmine Gallo dari Forbes merangkum penjabaran akronim tersebut:

A- Approach customers with a personalized, warm welcome
P- Probe politely to understand the customer’s needs
P- Present a solution for the customer to take home today
L- Listen for and resolve issues or concerns
E- Ends with a fond farewell and an invitation to return.

Selain itu, Apple melatih karyawannya, yang disebut “genius”. Selama tahap ini, _genius_mendengarkan keinginan dan kebutuhan pelanggan, tetapi juga menginterpretasikan apa yang diinginkan oleh pelanggan namun mereka masih merasa belum jelas. Membuat dan menggunakan serangkaian langkah yang konsisten akan meningkatkan layanan pelanggan berbicara dengan perwakilan yang berbeda, atau mengunjungi pada waktu yang berbeda. Secara konsisten memiliki layanan pelanggan yang sangat baik menciptakan loyalitas guest dan tentu saja hal tersebut akan berdampak dan mengarah ke peningkatan pembelian. Model layanan pelanggan Apple juga berfokus pada membangun hubungan dengan para pelanggan dan guest. Mereka juga mendengarkan guest dengan saksama untuk memberikan saran berdasarkan kebutuhan mereka.

Experiences (of all types) matter
Apple mengerti ini lebih baik dari siapa pun. Meskipun sistem operasi Android bervariasi dari pabrik satu ke yang lain, dan dari tahun ke tahun, OS Apple sangat mirip dengan setiap generasi sebelumnya dan di setiap perangkat. Pengalaman yang serupa dibawa melalui seluruh jajaran produknya dari iPad ke Macbook dan dari Apple TV ke Apple Watches. Tetapi interaksi antarmuka dan interaksi fisik hanyalah bagian kecil dari yang terbaik ditawarkan oleh Apple. Pembelian, pengiriman, dukungan pelanggan, dukungan pengembang, retur, dan pengalaman toko ritel juga konsisten.

Sumber: https://betterthansure.com/why-apple-is-best-when-it-comes-to-understanding-customers-6913acbb19e4
https://www.orourkehospitality.com/what-you-can-learn-from-apples-customer-service/