Apa yang bisa membuat sirip ikan Cupang menjadi busuk ?

ikan cupang

Keindahan ikan cupang baik tipe plakat, crown tail, veil tail apalagai half moon akan sangat terganggu bila cupang terkena Fin Rot, penyakit yang menggerogoti sirip cupang ini cukup kejam memporak porandakan keindahan sirip ikan cupang.

Penyakit fin rot menyerang pada sirip ikan cupang dan terjadi karena bakteri yang disebabkan buruknya kualitas air. Busuk sirip ini bisa melebar atau merambat dengan gejala yang timbul biasanya ditandai munculnya warna gelap atau kemerahan dipinggir pinggir sirip, lalu sirip yang terjangkit penyakit ini lama kelamaan akan habis sepeti sobek atau rontok.

Ikan cupang yang terkena penyakit busuk sirip ini masih memiliki nafsu makan yang tinggi bahkan aktif dalam pergerakanya, hanya saja warnanya mulai memucat dan sirip mulai menguncup. Jika sahabat terlambat tau penyakit ini, maka akan merambat keseluruh tubuh.

Untuk mengobati penyakit sirip busuk ini, pindahkan ikan ke akuarium atau wadah lain dengan air bersih, tambahkan cukup satu tetes saja Antibiotik (Ampicillin, Super Tetra). Atau bisa juga menggunakan General Tonic ( merk Rid All, Tetra, atau yang lainya ) dan jangan lupa tambahkan garam akuarium.

Setelah tiga hari ikan cupang berada di larutan obat tersebut, maka pindahkan lagi ke wadah atau akuarium yang lain tentunya dengan air yang bagus. Jika ikan belum sehat juga maka sahabat bisa mengulanginya lagi hingga sehat.

Setelah ikan cupang sehat, siripnya akan tumbuh kembali, hanya saja tidak seperti sedia kala sebelum terserang penyakit busuk sirip ini.