Apa yang bisa manusia lakukan lebih baik daripada komputer? dan Apa yang bisa komputer lakukan lebih baik daripada manusia?

Seperti yang kalian ketahui bahwa perkembangan teknologi sangatlah merubah perilaku manusia di muka bumi, maka dari itu, saya ingin mengetahui sebenarnya, apa yang bisa manusia lakukan lebih baik daripada komputer? Karena jika dilihat dari faktanya diruang lingkup kehidupan, manusia terjajah oleh komputer dan perangkat teknologi lainnya. Sehingga saya ingin tahu apakah yang menjadi kelebihan dari manusia dibandingkan dengan komputer.

Jika diatas saya menanyakan apa yang bisa dilakukan oleh manusia lebih baik dibandingkan dengan komputer. Maka, saatnya membalik satu pertanyaan tersebut menjadi sebuah bahasan panjang yang dimana dua pertanyaan ini saling berkolerasi dan memiliki tingkat analisis yang luas. Maka dari itu, apa yang bisa komputer lakukan lebih baik daripada manusia? merupakan topik yang memiliki tingkat pembahasan yang tinggi dan saya ingin mengetahuinya.

Manusia adalah makhluk yang paling cerdas yang diciptakan Tuhan, yang mempunyai akal dan fikiran dibandingkan makhluk lain. Kelebihan inilah yang bisa menghasilkan ide - ide untuk merubah segala jenis benda menjadi barang terpakai. Salah satu contoh ide hasil penemuan manusia adalah Komputer. Manusia memiliki inisiatif dalam melakukan sesuatu dalam mengatasi problema. Manusia memiliki inisiatif tentang apa yang harus dilakukan dalam menyelesaikan masalah tersebut, sedangkan komputer tidak. Kelebihan lain dari manusia adalah manusia memiliki estimasi, fleksibel dalam arti memiliki kemampuan dalam mencapai tujuan lewat sejumlah cara yang berbeda, memiliki kreatifitas dalam menciptakan suatu benda hingga menjadi lebih berguna.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Komputer punya kemampuan menyimpan dan memanggil kembali data yang diinginkan kembali oleh pengguna dengan waktu beberapa detik saja, meskipun datanya sudah lama, komputer tidak pernah lupa, tidak terhapus kecuali bervirus. Selain itu, komputer mempunyai kalkulasi yang akurat dalam perhitungan karena kenyataannya itulah tujuan manusia menciptakan komputer agar senantiasa membantu manusia dalam proses perhitungan dengan cepat dan akurat.

Kelebihan Manusia dan Komputer :

Manusia

  1. Mandiri
    Manusia lebih mandiri dan dapat berfikir apa – apa saja yang akan dilakukannya.
  2. Cerdas
    Kemampuan belajar manusia sangat tinggi, bayangkan saja dari bayi yang tidak tahu apa – apa 30 tahun kemudian dapat berkarya atau memproduksi sesuatu yang tidak pernah di ciptakan.
  3. Pengenalan pola yang cepat
    Otak manusia lebih cepat mengenali gambar dari Kadang kita ingat wajah seseorang tetapi lupa namanya.

Komputer

  1. Proses Informasi cepat,
    Komputer dapat lebih cepat saat memproses informasi misalnya saja berhitung. Kalkulator dalam perhitungan perkalian bilangan besar pasti akan lebih cepat disbanding manusia.
  2. Dapat di upgrade
    Komputer dapat di tambahi memory atau bahkan processor dapat di ganti.
  3. Teliti
    Walaupun computer bekerja secara cepat akan tetapi commuter juga teliti dengan tugasnya.

Kekurangan Manusia dan Komputer :

Manusia

  1. Pemprosesan lambat
    Manusia jika disuruh berhitung akan lebih lambat di bandingkan dengan kalkulator.
  2. Tidak bisa di upgrade
    Setelah dewasa otak manusia tidak akan berubah sampai mati. Dan kita tidak bisa menambah memory atau mengganti otak kita .
  3. Tidak teliti
    Manusia jika diberi beban banyak pastilah akan ketetekan saat mengerjakan dan menghasilkan kecerobohan.Lupa, Manusia bekerja dengan 2 tipe memory yaitu memory jangka pendek dan memory jangka panjang. Jika data masih di memory jangka pendek maka kita dapat melupakan hal tersebut.

Komputer

  1. Tidak Mandiri
    Sehebat hebatnya computer tetap butuh manusia untuk mengoperasikannya.
  2. Bodoh
    Jika computer tidak diberu software oleh manusia pastilah computer menjadi mesin yang tidak berguna.
  3. Lemah dalam Komputer bekerja dengan bit 1 dan 0 jadi keputusan hanya ada diterima dan tidak. komputer lebih lemah di bandingkan dengan manusia.

Pada hakikatnya manusia jauh lebih cerdas daripada komputer. Karena yang menciptakan manusia adalah Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan yang menciptakan komputer adalah manusia dan tentunya ini juga karena kehendak Tuhan. Namun manusia itu sendiri memiliki keterbatasan. Maka dari itu, sesuai dengan perkembangan zaman, manusia menciptakan komputer dengan tujuan dapat membantu dan memudahkan dalam penyelesaian pekerjaannya, karena manusia memiliki keterbatasan waktu, mengingat, hingga memproses data. Meskipun masing – masing saling memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, dengan begitu keserasian dan iteraksi yang baik hingga membuat pekerjaan berjalan dengan benar dan tepat.

jika kita berbicara tentang manusia vs komputer tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri dimana manusia adalah pencipta dari komputer itu sendiri juga,disisi lain komputer juga di buat bedasarkan keperluan atau untuk mengerjakan sesuatu yang sulit bila dilakukan oleh manusia

Kecakapan manusia :
• Estimasi
• Kreatifitas
• Adaptasi
• Kesadaran serempak
• Pengolahan abnormal/perkecualian
• Memori asosiatif
• Pengambilan keputusan non-deterministik
• Pengenalan pola
• Pengetahuan dunia
• Kesalahan manusiawi

Kecakapan komputer :
• Kalkulasi akurat
• Konsistensi
• Aktifitas perulangan
• Multitasking
• Pengolahan rutin
• Penyimanan dan pemanggilan kembali data
• Pengambilan keputusan deterministik
• Pengetahuan domain
• Pengolahan data
• Bebas dari kesalahan

Keunggulan manusia :

  1. Menciptakan komputer
  2. Memberi instruksi pada komputer
  3. Mempunyai inisiatif
  4. Tidak tergantung energi listrik

Keunggulan komputer :

  1. Obyektif
  2. Menyimpan informasi besar pada secondary storage
  3. Waktu pengambilan informasi sangat singkat
  4. Bekerja cepat, tepat dan teliti
  5. Cocok untuk pekerjaan: banyak, rutin dan berulang

Perbedaan mendasar antara manusia dan komputer :

  1. Manusia dan komputer sama-sama bisa menyimpan memori (ingatan). Bedanya, otak manusia bisa menyimpan memori jauh lebih banyak dibandingkan komputer. Bedanya lagi, manusia punya lupa sedangkan komputer tidak.

  2. Dan komputer, sekalipun nantinya ada yang bisa menyimpan memori lebih banyak dari manusia, komputer tidak akan bisa sama dg manusia karena komputer tidak bisa menarik atau memunculkan kembali apa yg diingatnya tanpa perintah pihak luar. komputer tidak punya kehendak. Komputer tidak punya hak pilih.

KESIMPULAN
Bahwa manusia dan komputer sebenarnya sama tapi ada unsur-unsur yang membuatnya beda. Karena komputer mengadobsi sistem kerja manusia hanya semua organ-organ komputer berbeda dengan manusia. Dan komputer memiliki kelebihan dan kekurangan sama halnya denagn manusia juga pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dan cara kerja komputer sama halnya denag cara kerja manusia. Yang membedak hanya komponen dalam manusia berbeda dengan komputer.