Apa yang Biasa Kamu Lakukan Saat Tiba-tiba Merasa Stuck dalam Hidup?

stuck

Hidup memang tak selamanya membawa kabar baik. Kadang ia memberi badai yang datang tiba-tiba, kadang menekan, kadang menerbangkan. Bahkan kadang membuat kita merasa berhenti dan tak tahu harus melakukan apa lagi.

Apakah kamu pernah merasakan bahwa hidupmu jalan di tempat dan merasa gitu-gitu aja? Perasaan jalan di tempat dan merasa stuck adalah sesuatu hal yang normal dalam hidup. Hampir setiap manusia pernah merasakan hal demikian. Bisa jadi, kita pernah berada dalam situasi tersebut. Penat menerjang, dan tak tahu ke mana harus melangkah.

Perasaan stuck bisa saja muncul ketika kita memiliki beberapa tujuan dalam hidup tapi bingung dari mana harus memulainya, atau ketika gak memiliki tujuan sehingga hilang arah. Hal-hal tersebut rasanya sudah jadi beban dan cukup menguras energi. Saat merasa stuck, beberapa hal yang saya lakukan ialah dengan melakukan self-talk atau berbicara dengan diri sendiri dan berusaha untuk menyemangati dengan kata-kata menenangkan, bereksperimen dengan hal baru, mengatur ulang kembali waktu produktif dan mencoba mengganti rutinitas, istirahat sejenak dengan jalan-jalan ke suatu tempat, serta melakukan evaluasi.

Kalau Youdics, apa sih yang biasa kamu lakukan saat mengalami stuck dalam hidup?

Kurang lebih sama dengan apa yang disampaikan diatas, saya melakukan beberapa tahapan ini:

  1. Mencari akar permasalahan yang membuat saya stuck
  2. Saya mencari solusi terkait masalah tersebut, jika tidak bisa saya selesaikan sendiri maka saya akan bertanya kepada orang-orang terdekat yang saya percaya.
  3. Saya mencoba menjalankan solusi yang telah saya miliki tersebut
  4. Apabila saya masih merasa stuck, maka saya akan mengevaluasi ulang apa yang kurang dari solusi itu
  5. Apabila sudah berhasil mengatasinya biasanya saya akan melakukan self reward untuk diri sendiri.
1 Like

Jika berada di masa seperti itu hal yang pertama saya lakukan adalah menenangkan diri saya agar tidak panik dan ketakutan. Saya akan berusaha untuk tetap berpikir positif dan menyemangati diri saya. Setelah merasa tenang saya akan mencoba melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti membeli snack sama minuman dingin, melihat tontonan favorit, atau juga jalan-jalan keluar rumah. Biasanya kegiatan itu saya lakukan sembari mengevaluasi diri saya sendiri, seperti apakah ada kesalahan yang saya lakukan dan apa yang akan saya lakukan setelah itu. Terkadang saya juga berusaha mengobrol dengan orang lain untuk mencari solusi.