Apa yang Biasa Kamu Cek Sebelum Membeli Buku?

Biasanya saya sebelum pergi ke toko buku, saya sudah tau terlebih dahulu buku apa yang akan saya beli meskipun begitu saya tetap menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk berkeliling toko. Terkadang juga saya tiba-tiba hanya ingin datang dan membeli buku secara acak tergantung cover dan sinopsis di belakangnya.

Bagaimana kalau kamu? Apa yang kamu lakukan sebelum membeli sebuah buku di toko buku? Apakah kalian harus cek dulu review nya di beberapa platform seperti goodreads? Atau kalian tipe pembeli buku yang impulsif?

Ilustrasi

552c97786ea834d27d8b4569.jpeg (760×506) (kompasiana.com)

Kalau saya pribadi untuk kasus seperti itu biasanya lebih mengecek ke isinya langsung. Makanya saya lebih senang membeli buku bekas dibanding buku baru yang masih disegel. Saya pribadi hampir tidak pernah membeli buku baru kecuali rekomendasi atau memang sudah merencanakan membeli buku tersebut.

Karena sering merasa terkena clickbait judul buku :joy:. Seringkali poin yang saya cari dari suatu “judul” buku, tidak terdapat dalam buku tersebut.

Harga dan isinya. Saya sendiri sangat jarang membeli buku seperti novel remaja atau cerita fiksi yang sangat kental romantisme. Menurut saya, alur hampir bisa ditebak dan berkutat pada hal yang sama. Saya cenderung memilih buku yang membawakan latar sejarah, apalagi jika fiksi sejarah misalnya Gajah Mada yang ada 5 serial kalau tidak salah, Ken Arok, dan banyak lagi. Saat membaca buku fiksi sejarah, saya selalu merasa terlempar ke masa lalu. Dan ya itu menjadi pertimbangan saya saat membeli buku.

Kedua, harga. Saya kadang sudah mengalokasikan berapa nominal yang bisa dikeluarkan untuk membeli buku pada saat itu. Boleh kurang, tapi jangan lebih hehe. Jadi ketika ada buku bagus, tapi harga tidak mengakomodasi, biasanya saya terpaksa pending dulu. Tapi, pernah beberapa kali, saya trobos saja :rofl:.

Yang saya lakukan ketika akan membeli buku yaitu sesuai kebutuhan saat ini, kemudian dicari pilihan toko online yang menawarkan harga murah dengan mengutamakan kualitas yaitu buku original.

Kalau aku pasti akan mengecheck reviewnya dulu entah itu di twitter, blog, goodreads, ataupun platform lainnya. Malah terkadang aku membuat Instagram story dulu, dan bertanya kepada teman-temanku “Ada yang sudah pernah baca buku ini nggak?” “Bagi reviewnya dong guys” dll. Selain itu aku harus mengecheck harganya, apakah pas dengan kantongku saat itu atau tidak. Jika memang dirasa uangku kurang, aku akan mencoba mencari di e-commerce dan membandingkan beberapa harga yang ditawarkan di sana. Jika memang terhitung lebih murah membeli lewat online, maka aku akan mewurungkan niatku untuk membelinya langsung di toko buku :grimacing: :v: