Apa yang Anda ketahui terkait dengan hewan Saola?

Hewan Saola

Saola (Pseudoryx nghetinhensis) adalah salah satu mamalia besar terlangka di dunia, ia adalah hewan sejenis sapi yang hanya ditemukan di Deretan Annam di Vietnam dan Laos. Hewan ini berkerabat dengan antelop, sapi, dan kambing. Saola yang hidup di alam liar pertama kali tertangkap kamera pertama kali pada tahun 1992. Kamera tersebut dipasang oleh Kementrian Perlindungan Hutan Vietnam dan World Wide Fund for Nature (WWF) di Vietnam.

Tahukah kamu tentang Saola? Apa yang kamu ketahui tentang Saola? Bagaimana kehidupan dari Saola?

Saola adalah mamalia mirip antelop yang memiliki ciri bertanduk dua yang memanjang keatas. Ukuran panjang tanduknya bisa mencapai 20 inci. Saola termasuk hewan berbulu tebal. Warna bulunya, ada yang coklat, coklat kemerah-merahan, hingga hitam. Saola d ikenal sebagai unicorn Asia, saola ( Pseudoryx nghetinhensis ) sangat jarang terlihat di alam liar, dan satwa ini tidak ada di penangkaran. Meskipun dijuluki unicorn Asia, tetapi wajah saola (Pseudoryx nghetinhensis) mirip seperti sapi. Bedanya, saola mempunyai dua tanduk di kepalanya. Kalau ekornya sapi panjang, ekor Saola pendek dan berbulu lebat. Saola adalah hewan herbivora yang memakan tumbu-tumbuhan, rerumputan, dan dedaunan. Saola adalah hewan diurnal. Ia aktif di siang hari dan beristirahat ketika matahari tenggelam. Saola adalah hewan pintar bersembunyi, sehingga sangat jarang terlihat oleh manusia.

Menurut WWF, keberadaan Saola di alam liar diperkirakan hanya berjumlah ratusan saja, sehingga Saola masuk ke dalam daftar hewan yang dilindungi keberadaannya. Populasi Saola saat ini diperkirakan hanya tersisa dalam hitungan puluhan ekor saja. Saola terus diburu untuk memasok kebutuhan bahan baku obat tradisional di Cina dan dijadikan konsumsi di Vietnam dan Laos. Hewan ini juga dibunuh untuk diambil tanduknya untuk hiasan rumah di kedua negara tersebut. Saola dalam Bahasa lokal berarti “hewan yang sopan” , sangat jinak pada manusia, sehingga sangat mudah diburu. Hilangnya habitat dan keragaman genetik yang terus berkurang juga mengancam spesies yang memang sudah diambang kepunahan ini.

Biasanya, Saola di Vietnam akan berkembang biak antara Februari sampai Maret. Sedangkan Saola di Laos, berkembangbiak di bulan April hingga Juni. Saola betina akan melahirkan satu anak Saola. Anak Saola akan dirawat oleh induknya sampai umur 8 bulan. Nah, masa hidup Saola dapat mencapai 8-12 tahun.