Apa yang anda ketahui terkait dengan anjing dachshund?

Apa yang anda ketahui terkait dengan anjing dachshund?

1 Like

Fakta-fakta apa saja yang menarik terkait dengan anjing dachshund

  1. Pemburu Luak
    Bentuk tubuhnya memang unik, paling berbeda dibanding jenis anjing lain. Saking uniknya, kita sering juga menyebutnya “anjing sosis” atau “wiener dog” ya. Tapi bentuk itu enggak diciptakan hanya agar Dachshund terlihat lucu saja, loh. Dachshund dikembangbiakkan untuk menjadi pemburu luak, dan bentuk tubuhnya yang memanjang membuatnya mudah keluar masuk sarang luak yang berbentuk lubang sempit di tanah. Dan FYI, nama Dachshund berasal dari bahasa Jerman yang artinya “anjing luak.”

  2. Paling agresif
    Kalau kamu mencari watch dog atau anjing penjaga, Dachshund adalah jawaban yang tepat. Dia memang dikenal sebagai anjing yang hyper alert alias terlalu waspada. Dia akan terus menggonggong sampai kamu tahu ada orang di gerbang rumahmu (atau ada orang yang lewat di jalanan depan rumahmu). Faktanya, sebuah penelitian tahun 2008 yang dimuat di Applied Animal Behaviour Science mengatakan kalau Dachshund adalah anjing ras yang paling agresif.

  3. Korban propaganda
    Ketika Amerika memasuki Perang Dunia I tahun 1917, para antijerman mulai bermunculan, dan popularitas Dahcshund (yang saat itu menjadi icon Jerman) juga ikut diserang. Amerika dan Inggris rutin memasang poster bergambar Dachshund yang dilambangkan sebagai musuh. Poster itu bertuliskan “I like dogs, but not this breed” atau “Saya suka anjing, tapi bukan anjing ras ini.” Butuh waktu puluhan tahun untuk memulihkan popularitasnya.

  4. Pemburu terkecil
    Ukuran Dachshund memang enggak sekecil Chihuahua atau Yorkshire Terrier, tapi anjing-anjing kecil itu bukanlah anjing pemburu. Sedangkan Dachshund adalah anjing pemburu dengan ukuran tubuh paling kecil. Tinggi Miniature Dachshund hanya 12-15 centimer (sampai bahu) dengan berat maksimal 5 kilogram, sedangkan Standard Dachshund tingginya 20-23 centimeter (sampai bahu) dengan berat 7-14 kilogram.

  5. Terdapat 2 ukuran dan 15 warna
    American Kennel Club mengklasifikasi Dahchshund dalam dua tipe: Standard Dachshund dan Miniature Dachshund. Sedangkan untuk warna bulu, Dachshund termasuk anjing dengan pilihan warna yang lengkap, mulai dari hitam, cokelat, putih, biru, hingga merah. Jenis bulunya juga ada macam-macam, ada yang pendek dan panjang.

Ukuran Dachshund di bagi menjadi 2 jenis, Standard an Miniature. Dachshund memiliki tubuh yang 2 kali lebih panjang disbanding tinggi badannya. Jantan memiliki tinggi antara 9-11 in dengan berat badan maksimal 7,5 Kg. Betina memiliki tinggi antara 8-9 in dengan berat badan antara 6-7 Kg…

Dachshund memiliki 3 jenis bulu; bulu pendek, bulu panjang dan bulu kasar (wire haired) . Warna; balck and tan, red and tan, red, brown sable, grey, dan daple. Sekarang banyak ditemukan Dachshund erwarna white daple dengan warna mata biru. Untuk anjing show, Dachshund diharuskan berwarna black and tan, red and tan, red, brown sable. Warna daple tidak diperbolehkan untuk mengikuti show.

Dachshund merupakan anjing yang lincah dan suka bermain. Anjing ini termasuk anjing yang mudah dilatih, sangat setia dan merupakan anjing penjaga yang hebat.

Peringatan terhadap anjing dachshund

  • Anjing yang tidak terbiasa dengan orang dan anjing lainnya dapat menyalak, menggeram dan bahkan menggigit. Buat anjing dachshund Anda bergaul dengan anjing dan orang lain sejak usia muda dan terus lakukan sepanjang masa hidupnya.
  • Pertimbangkanlah untuk membeli asuransi kesehatan bagi peliharaan Anda. Dachshund bisa jadi berwatak keras dan berani - sebuah pembawaan yang dapat membuat anjing ini terlibat masalah, yang sering berakhir dalam dua pilihan: operasi atau eutanasia.
  • Jangan biarkan anjing dachshund Anda mengalami kelebihan berat badan, hal ini dapat menyebabkan masalah punggung dan kesehatan yang besar.
  • Kuku dachshund berwarna gelap maka berhati-hatilah saat memotongnya. Usahakan tidak memotong pembuluh darah pada kuku.

Nenek moyang anjing ini berasal dari Jerman. Dachshund dan Basset Hound berasal dari nenek moyang yang sama. Walaupun bertubuh kecil dan pendek, Dachshund memiliki sifat yang sangat berani, dia tidak segan-segan untuk menyerang binatang yang lebih besar dari tubuhnya. Dachshund berasal dari kata Dachs yang berarti Badger (sejenis binatang seperti bajing yang hidup di bawah tanah biasanya banyak ditemukan di Negara Eropa) dan Hound yang berarti anjing Jerman.

Anjing ini mempunyai penciuman yang sangat tajam, dia sangat cepat mengetahui keberadaan hewan Badger walaupun dibawah tanah. Dachshund dapat dengan mudah menelusuri lorong-lorong bawah tanah yang di buat oleh Badger karena badannya yang kecil, pendek dan panjang. Oleh karena itu, sekarang anjing ini sangat senang menangkap tikus . Anjing trah ini sekarang juga banyak digunakan oleh kepolisian untuk membantu dalam pelacakan obat terlarang. Selain nama Dachshund dan tekel anjing ini juga dikenal dengan nama anjing sosis di seluruh dunia karena tubuhnya yang panjang seperti sosis.

Dachshund termasuk jenis yang keras kepala dan cukup sulit untuk berlatih. Anda perlu melatih mereka saat mereka muda. Anjing dachshund yang kurang terlatih sering menggigit orang asing dan bahkan menggigit pemiliknya jika merasa tidak puas.

Membiarkan anak-anak muda dachshund bermain dengan hewan peliharaan dan anjing dachshund lainnya sangat penting untuk mempraktikkan interaksi sosial untuk mereka, untuk menghindari mereka menyerang hewan peliharaan lain dan anjing dachshund lainnya untuk bersaing dengan mitra dan wilayah kemudian.

Anjing Dachshund merupakan salah satu jenis anjing pelacak yang memiliki ukuran cukup kecil. Anjing ras dachshund memiliki kaki yang cenderung lebih pendek dan berbadan lebih panjang. Jga merupakan salah satu jenis anjing ras yang paling banyak dimilki dan juga dipelihara

  • Nama ras : Dachshund
  • Negara Asal : Jerman
  • Usia : antara 14 hingga 17 tahun
  • Kepribadian : Pintar, cerdas dan juga berani, Suka bermain, merupakan tipe anjing yang setia.
  • Warna : berwarna krem, hitam kecoklatan, campuran coklat dan juga krem
  • Pemanfaatan : anjing peliharaan, penjaga, dan juga anjing pelacak, terutama obat-obatan dan juga bahan kimia

Seekor dachshund dewasa standar rata-rata beratnya antara 7 hingga 12,7 kg, sementara jenis mininya biasanya tidak lebih berat dari 5 kg. Sejak tahun 1990-an, penggunaan kelas ketiga oleh para pemiliknya, “tweenie,” yang mencakup anjing-anjing yang berada di antar ukuran standar dan mini, yaitu antara 4,5 hingga 6,75 kg, makin populer.

H.L. Mencken mengatakan bahwa “Tinggi Dachshund setengah anjing biasa dan panjangnya satu setengah kali.” Namun banyak puisi dan lagu menyebut mereka “dua kali panjang anjing biasa.” Ciri khas ini telah membuat mereka cukup mudah dikenali dan ditampilkan dalam berbagai lelucon dan kartun, khususnya The Far Side oleh Gary Larson.

Perilaku Anjing Dachshund

Anjing Dachshund sangat suka menggigit benda lunak seperti sepatu, bantal, kursi, dll. Jadi jangan sampai mereka sendiri di rumah. Saat Anda berada di luar, Anda harus mengaitkannya atau memasukkannya ke dalam sangkar. Biarkan mereka keluar saat Anda yakin bisa mengawasi mereka. Harus ada mainan karet lunak untuk membatasi mereka dari alas kaki yang menggigit. Hindari membeli mainan yang terbuat dari kain atau kapas, karena akan menggigit dan membuat mereka robek.

Hindari Dachshund melompat dari tempat yang tinggi seperti ranjang, kursi atau meja untuk menghindari cedera pada tulang belakangnya.

Sebagai anjing pemburu, anjing dachshund biasa mengejar dan menyerang hewan peliharaan kecil lainnya saat naluri berburu mereka meningkat. Mereka juga sering menyerang anjing yang lebih besar jika mereka menyerang “wilayah” mereka. Jadi, awasi mereka, dan ingatlah untuk mengarahkan anjing pimpin saat Anda pergi bersama mereka untuk menghindari mendapatkan anjing besar atau mengejar hewan kecil lainnya atau tersesat.

Mereka suka menggali, jika mereka bermain di dekat tempat berpasir, mereka akan menggali apapun yang mereka bisa. Jadi sebaiknya hindari tempat di mana mereka bisa menggali jika Anda tidak ingin mencuci mereka setiap hari. Perhatian harus diberikan saat Anda membiarkannya jatuh ke tanah karena jika tidak diizinkan keluar, mereka bisa menggali dan melarikan diri.

Perawatan Anjing Dachshund

Untuk yang berbulu pendek, anjing ini memiliki sedikit bau badan. Perawatan bulunya juga sangat mudah, hanya perlu disikat 2 kali dalam seminggu . Bulunya yang sangat pendek tidak perlu sering dimandikan cukup di lap dengan kain lap karet yang basah setiap hari. Untuk yang berbulu panjang, harus disisir sedikitnya 2 kali dalam sehari. Sedangkan yang berbulu kasar perlu ditrimming.

Gunakan sampo khusus anjing untuk memandikan anjing dachshund Anda. Jika anjing Anda berbulu pendek, Anda harus memandikannya sekali setiap tiga bulan. Jika anjing Anda berbulu panjang, Anda mungkin harus lebih sering memandikannya. Gunakan selang semprot dan basahi seluruh bulu anjing Anda, kecuali daerah di sekitar mata, telinga dan hidung. Kemudian pijatkan sampo ke bulu anjing Anda. Bilas seluruh sampo hingga bersih kemudian keringkan anjing itu dengan handuk.

Breeding Anjing Dachshund

Dachshund dapat melahirkan antara 3-7 ekor anakan. Breeding Dachshund sangat mudah karena tingkat kematian bayi Dachshund sangat rendah. Jarang sekali Dachshund melahirkan dengan proses bedah Cesar karena Dachshund memiliki tulang pinggul yang besar.