Apa yang Anda ketahui tentang zina kecil?

zina kecil

Zina adalah perbuatan persetubuhan antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat pernikahan atau perkawinan. Apa yang Anda ketahui tentang zina kecil?

Sebuah hadits dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasullullah SAW telah bersabda yang artinya:

“Kedua mata itu bisa melakukan zina, kedua tangan itu (bisa) melakukan zina, kedua kaki itu(bisa) melakukan zina. Dan kesemuanya itu akan dibenarkan atau diingkari oleh alat kelamin”. (Hadis sahih diriwatkan oleh Imam Bukhari dan Ibnu Muslim dari Ibnu Abbas dan Abu Hurairah).

“Setiap bani Adam mempunyai bagian dari zina, maka kedua matapun berzina,dan zinanya adalah melalui penglihatan, dan kedua tangan berzina, zinanya adalah menyentuh. Kedua kaki berzina, zinanya adalah melangkah-menuju perzinahan. Mulut berzina, zinanya adalah mencium.hati dengan keinginan dan berangat-angan. Dan kemaluannya lah yang membenarkan atau menggagalkannya.” (Hadis riwayah Bukhari)

Dari hadits-hadits diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa jenis zina yaitu:

  1. Zina Mata adalah zina yang dilakukan saat muslim/muslimah memandang lawan jenisnya, menatap matanya dan berlama-lama bertatapan dengannya.

  2. Zina Tangan adalah zina yang dilakukan oleh dua orang yang bergandengan tangan dengan yang bukan mahramnya.

  3. Zina Kaki adalah zina yang terjadi saat salah seorang muslim/muslimah melangkahkan kakinya menuju perzinahan.

  4. Zina Mulut, zina ini tidak hanya saat muslimin/muslimah berciuman dengan yang bukan mahramnya tapi juga saat seorang muslimin/muslimah membicarakan lawan jenisnya.

  5. Zina Hati, hampir sama dengan pikiran, yaitu saat muslim/muslihan berangan-angan atau memikirkan tentang lawan jenisnya.

Dijelaskan dalam QS Al-Araaf ayat 32

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah berbuatan yang keji dan jalan yang buruk.” (QS Al-Araaf ayat 32)

Dalam surah ini dipaparkan dengan jelas bahwa Allah SWT sangatlah membenci orang-orang yang mendekati zina, karena zina adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk. Maka dari itu janganlah kita berani-berani mendekati zina apa lagi sampai melakukannya.

Didalam islam disebutkan bahwa zina adalah suatu dosa yang besar dan semua umat islam percaya, meyakini dan sepakat bahwa semua kegiatan yang mendekati zina adalah suatu perbuatan yang buruk. Allah berfirman:

Artinya: “Dan orang-orang yang tidah menyembah Tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan(alasan)yang benar dan tidak berzina” (Al-Furqan 68)