Apa yang Anda ketahui tentang wisata Gedung Perundingan Linggarjati?

Linggarjati

Linggarjati atau Linggajati adalah suatu tempat di Kabupaten Kuningan yang terkenal sebagai lokasi berlangsungnya perundingan Linggarjati pada tahun 1946, yaitu perundingan antara pemerintah Belanda dan Indonesia mengenai kemerdekaan Indonesia.

Linggarjati terletak di desa Lingga Jati, Cilimus, Kabupaten Kuningan. Objek wisata ini terletak tepat di kaki Gunung Ciremai, dan merupakan perlintasan salah satu jalur pendakian menuju puncak Ciremai. Selain menikmati pemandangan alam, terdapat taman rekreasi dan fasilitas lainnya. Linggarjati juga terletak tidak terlalu jauh dari objek wisata pemandian air panas Sangkanhurip, dimana banyak terdapat hotel-hotel dan resort dengan fasilitas yang sangat memadai.

Apa yang Anda ketahui tentang wisata Gedung Perundingan Linggarjati ?

Siapa yang tidak tahu tentang bangunan cagar budaya ini? Nama Gedung Perundingan Linggarjati atau yang kini dikenal dengan Museum Linggarjati, selalu muncul dalam buku pelajaran sejarah. Pasalnya, gedung ini adalah tempat berlangsungnya perundingan antara Indonesia dengan Belanda pada tahun 1946.

Sebelum menjadi gedung perundingan, bangunan ini dahulu hanyalah sebuah rumah kecil milik masyarakat pribumi. Bangunan ini mengalami beberapa kali renovasi, menjadi hotel dengan tiga kali pergantian kepemilikan, hingga menjadi tempat perundingan. Tak berhenti sampai di situ, Gedung Linggarjati juga pernah dijadikan markas tentara Belanda saat Agresi Militer Belanda II dan Sekolah Dasar sebelum menjadi museum.

Museum Linggarjati didesain menyerupai kondisi aslinya ketika masih digunakan sebagai tempat perundingan. Furnitur dan interiornya pun ditata semirip mungkin dengan aslinya. Museum ini berlokasi di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, tak jauh dari Open Space Gallery Kuningan. Museum ini buka mulai dari pukul 07:00 pagi hingga 03:00 sore pada hari kerja, dan pukul 08:00 pagi hingga 05:00 sore pada akhir pekan.