Apa yang Anda ketahui tentang Wireshark?


Wireshark merupakan salah satu tools atau aplikasi “Network Analyzer”. Memiliki fungsi untuk menganalisa Kinerja Jaringan. Kinerja jaringan yang dianalisa adalah proses menangkap paket-paket data atau informasi dalam jaringan, sniffing (memperoleh informasi penting seperti password email, cookie dan lain sebagainya). Wireshark sendiri merupakan free tools untuk Network Analyzer yang ada saat ini. Dan tampilan dari wireshark ini sendiri terbilang sangat bersahabat dengan user karena menggunakan tampilan grafis atau GUI (Graphical User Interface). Wireshark dapat membaca data secara langsung dari Ethernet, Token-Ring, FDDI, serial (PPP dan SLIP), 802.11 wireless LAN, dan koneksi ATM. Program ini sering digunakan oleh chatters untuk mengetahui IP korban atau chatter lainnya melalui typingan room. Tool wireshark dapat menganalisa transmisi paket data dalam jaringan, proses koneksi dan transmisi data antar komputer. Selama kita bisa mendapatkan paket langsung dari jaringan, dengan tools seperti wireshark, maka kita juga bisa memanfaatkan wireshark untuk ‘menyadap’ pembicaraan Voice over IP.

gambar
Untuk mengunduh software wireshark, Anda bisa berkunjung ke alamat situs official wireshark di http ://www.wireshark.org/download.html. Wireshark bisa dipakai pada system operasi Windows, Mac OS X, serta Linux. Beberapa permasalahan yang dapat diatasi dengan menggunakan wireshark diantarnya :

  • Troubleshoot pada jaringan
  • Pengujian permasalahan keamanan
  • Debugging implementasi protokol
  • Mengetahui lebih dalam terkait protokol jaringan

gambar
Wireshark memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan beberapa proses yang ingin dilakukan sesuai dengan fungsi yang ada diantaranya :

  • Bisa digunakan untuk beberapa basis system operasi (Unix, Mac, Windows, serta Linux)
  • Dapat melakukan capture paket data jaringan secara real time
  • Menampilkan informasi protokol jaringan dari paket data secara komplit
  • Paket data bisa disimpan jadi file serta nantinya bisa di buka kembali untuk analisa lebih lanjut
  • Dapat melakukan filtering paket data jaringan
  • Pencarian paket data dengan persyaratan spesifik dengan memasukkan kategori yang diinginkan
  • Pewarnaan penampilan paket data untuk memudahkan analisis paket data
  • Menampilkan data statistik
  • Untuk lakukan capture paket data yang keluar maupun masuk pada jaringan, wireshark membutuhkan piranti fisik NIC (Network Interface Card).

Wireshark yang memiliki fungsi sebagai network packet analyzer akan berusaha meng-capture packet data dan menampilkan sedetail mungkin jika memungkinkan. Profesi yang sering memakai Wireshark adalah sebagai berikut:

a. network administrators untuk mengetahui troubleshoot network problems
b. network security engineers untuk mengetahui security problems
c. developers untuk debug protocol implementations
d. semua orang yang ingin mengetahui network protocol internals

Network administrator menggunakan wireshark untuk menganalisa kinerja jaringannya terrmasuk protokol didalamnya. Dikarenakan wireshark memiliki interfacenya yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis.

Wireshark merupakan software untuk melakukan analisa lalu-lintas jaringan komputer, yang memiliki fungsi untuk menjalankan beberapa hal yang penting dan sanggat berguna bagi profesional jaringan, administrator jaringan, peneliti, hingga pengembang piranti lunak jaringan.