Apa yang anda ketahui tentang Whale Eye Mean pada bahasa tubuh Anjing?

Apa yang dimaksud dengan Whale Eye Mean pada Body Language Anjing?

Anjing menyampaikan emosi dan pikiran mereka dengan berbagai cara. Mereka berkomunikasi satu sama lain dan dengan kita, tetapi kita tidak selalu yakin apa yang ingin mereka katakan.

Mata ikan paus/ Whale Eye adalah contoh komunikasi anjing. Ini adalah bahasa tubuh anjing yang memberi Anda dan hewan lain petunjuk tentang apa yang dirasakan dan dipikirkan anjing.

Apakah Mata Paus pada Anjing?

“Mata ikan paus” adalah istilah yang digunakan pelatih anjing untuk menggambarkan bahasa tubuh anjing ketika bagian putih matanya (sklera) terlihat. Anjing akan sedikit memalingkan kepalanya, tetapi matanya tetap tertuju pada sesuatu atau seseorang. Bagian putih matanya akan muncul dalam bentuk setengah bulan, biasanya di bagian dalam atau luar mata, tetapi kadang-kadang di sekelilingnya. Mata paus kadang-kadang disebut “mata setengah bulan.”

Mata paus tidak selalu mudah dideteksi pada semua anjing. Mata anjing brachycephalic (anjing dengan moncong pendek) mungkin menunjukkan sedikit putih karena konformasi mereka, dan setiap anjing dapat dengan cepat melihat ke samping, yang secara singkat membuka sklera mereka. Jika anjing tidak menunjukkan tanda-tanda kegelisahan lainnya, apa yang Anda lihat mungkin bukan mata ikan paus.

Sinyal yang Dapat Muncul


Seekor anjing yang memperlihatkan “mata ikan paus” sejati umumnya akan menampilkan beberapa sinyal stres lainnya juga. Anda mungkin melihat gerakan menenangkan seperti menjilat bibir atau menguap. Rambut anjing mungkin berdiri di sepanjang tulang punggungnya. Dia mungkin juga menggeram peringatan atau membeku di tempat dengan kaku.

Apa Artinya “Mata Paus” pada Anjing

Seekor anjing yang memperlihatkan mata ikan paus biasanya mengekspresikan kecemasan dan ketidaknyamanan dengan situasi saat ini. Anjing ini stres dan mungkin bahkan takut. Mata paus bisa menjadi tanda bahwa anjing akan segera menjadi agresif. Anjing yang cemas lebih mungkin untuk menggigit. Jika Anda melihat jenis bahasa tubuh anjing ini saat Anda mendekati anjing, mundurlah sampai anjing itu merasa santai dan menjadi lebih nyaman, atau setidaknya sampai Anda dapat mengetahui apa yang sedang terjadi.

Periksalah lingkungan anjing tanpa mendekat. Apakah ada anjing atau kucing lain di sekitarnya? Apakah orang asing mendekat? Anjing yang cemas mungkin mendengar sesuatu yang belum dapat Anda dengar, seperti langkah kaki di luar mendekati pintu Anda. Seorang anak mungkin meraih mainan favorit anjingnya — atau lebih buruk lagi, seekor anjing mengunyah atau merawatnya.

Seekor anjing dapat menunjukkan mata paus jika dia tidak nyaman dengan apa yang dilakukan seseorang kepadanya, seperti dipeluk, dibelai di daerah yang tidak ingin disentuh, diperiksa oleh dokter hewan, atau kukunya dipangkas.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anjing Memperlihatkan Mata Ikan Paus

Anjing Anda berharap Anda memperhatikan matanya dan dapat menangkap pesan yang ia kirim. Dia ingin Anda melakukan sesuatu untuk memperbaiki apa pun yang salah. Ini selalu merupakan tindakan terbaik Anda jika Anda dapat mengidentifikasi masalahnya.

Jika itu bisa menjadi sesuatu yang Anda lakukan, berhenti saja. Jika anjing lain mendekat di tempat umum, bawalah anjing Anda pergi. Ingatlah bahwa anjing Anda mungkin juga tegang, jadi Anda mungkin harus membujuknya untuk bergerak.

Memarahi anjing Anda tidak berguna dan mungkin akan membuatnya lebih marah. Bagaimana perasaan Anda jika Anda mencoba membisikkan sesuatu yang mendesak di telinga seseorang hanya untuk ditegur? Ketika anjing Anda menunjukkan mata ikan paus, masalahnya bukan pada dirinya — biasanya sesuatu yang eksternal.

Sumber

https://www.thesprucepets.com/dog-body-language-whale-eye-1118257