Apa yang Anda ketahui tentang Vets Now: IGD 24 Jam Khusus Hewan?

Instalasi Gawat Darurat (IGD) adalah suatu bagian pelayan bagi pasien yang membutuhkan penanganan darurat pada suatu rumah sakit

Vets Now ini didirikan pada oleh seorang dokter ahli bedah hewan yang bernama Richard Dixon. Pada awalnya, Dixon adalah dokter hewan yang membuka layanan klinik hewan di luar jam kerja. Klinik ini bermaksud untuk membantu pasien yang membutuhkan pertolongan cepat di waktu banyak klinik dan rumah sakit sudah tutup karena sudah melewati jam kerja. Seiring berjalan waktu, Dixon memahami bahwa dokter hewan memiliki tekanan kerja yang tinggi apabila harus menangani panggilan darurat sekaligus baik di jam kerja maupun di luar jam kerja sehingga terkadang harus mengorbankan kehidupan sosialnya. Oleh karena itu dia mendirikan layanan IGD dan layanan lainnya melalui Vets Now yang dapat beroperasi di luar jam kerja.

Saat ini, Vets Now memiliki 55 klinik yang juga beroperasi di luar jam kerja dan 3 rumah sakit hewan yang juga melayani panggilan darurat, yaitu di Glasgow, Manchester dan Swindon yang buka 24 jam selama 7 hari dalam seminggu bagi hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kelinci. Beroperasi di luar jam kerja artinya adalah sebelum atau sesudah jam kerja di mana klinik atau rumah sakit buka sepenuhnya. Sedangkan beroperasi di luar hari kerja adalah buka pada akhir pekan maupun hari libur nasional.

Vets Now juga bermitra dengan tempat praktik dokter hewan lokal di Inggris untuk menyediakan dokter hewan dan juga menawarkan bagi pelanggannya suatu layanan di luar jam kerja. Artinya, Vets Now menyediakan tim dokter hewan, perawat hewan dan staf pendukung yang hanya bekerja di malam hari, di akhir pekan dan selama hari libur. Saat ini Vets Now sudah bermitra dengan 1000 tempat praktik dokter hewan di wilayah Inggris. Bahkan pada hari libur seperti Natal, pelayanan tetap ada. Vets Now rata-rata sudah menangani sekitar 100.000 hewan peliharaan setiap tahun[2][3][4].

Selain itu, Vets Now juga mendukung kegiatan donor darah hewan peliharaan untuk bank darah Pet Blood Bank UK di Inggris, yaitu bank darah khusus anjing milik pemerintah Inggris. Bank darah ini baru didirikan pada tahun 2007 dan menerima donor dari anjing sehat yang kemudian dibawa ke pusat pengolahan di Loughborough untuk darah tersebut dipisahkan menjadi sel darah merah dan produk plasma, yang selanjutnya didistribusikan kepada anjing yang membutuhkan di seluruh Inggris[2],[5].

Di Indonesia juga terdapat Rumah Sakit Hewan antara lain adalah Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi Yogyakarta, Rumah Sakit Hewan Jakarta, Rumah Sakit Hewan Pendidikan UB Malang, Rumah Sakit Hewan Surabaya, dan Rumah Sakit Hewan Pendidikan IPB Bogor. Selain itu terdapat ribuan dokter hewan dan klinik hewan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian dari rumah sakit dan klinik tersebut sudah melayani pasien di luar jam kerja 24 jam.

Sumber: