Apa yang anda ketahui tentang Trenggiling?

Trenggiling

Trenggiling (juga disebut sebagai pemakan-semut bersisik) adalah mamalia dari ordo Pholidota. Satu keluarga yang masih ada, Manidae, memiliki tiga genera, Manis yang terdiri dari empat spesies yang hidup di Asia, Phataginus yang terdiri dari dua spesies hidup di Afrika, dan Smutsia yang terdiri dari dua spesies juga tinggal di Afrika.[2] Spesies ini berbagai ukuran dari 30 100 cm (12-39 in).

Apa yang anda ketahui tentang Trenggiling ?

Trenggiling merupakan salah satu bintang unik dan khas. Hewan langka yang salah satu spesiesnya, Manis javanica, hidup di Indonesia ini mempunyai ciri khas dengan tubuhnya yang dilindungi sisik dari keratin. Namun bukan sekedar kulitnya yang bersisik saja yang kemudian menasbihkan trenggiling sebagai binatang yang unik. Masih terdapat sederetan fakta-fakta unik lainnya terkait dengan trenggiling.

Trenggiling merupakan sekelompok hewan mamalia dari family Manidae. Semula keseluruhan trenggiling dikelompokkan dalam satu genus yaitu Manis. Namun seiring perkembangan, sekarang trenggiling dikelompokkan dalam empat genus yaitu Manis (sebanyak 4 spesies), Smutsia (2 spesies), Phataginus, dan Uromanis (masing-masing 1 spesies). Dalam bahasa Inggris trenggiling dikenal sebagai pangilon.

Fakta Unik Trenggiling

Adalah situs Annamiticus.com, yang mengetengahkan 10 fakta menakjubkan terkait trenggiling. Fakta unik tersebut adalah:

  • Terdapat 8 spesies trenggiling di dunia. 4 spesies di Afrika dan 4 spesies di Asia.

  • Lidah trenggiling lebih panjang dari badan trenggiling tersebut.

  • Seekor trenggiling dapat mengkonsumsi 70 juta semut per tahun.

  • Trenggiling tidak memiliki gigi. Mereka mengunyah dengan kerikil & duri keratin terletak di dalam perutnya.

  • trenggiling menutup telinga dan hidung mereka untuk menjaga agar tidak dimasuki serangga dari luar.

  • Trenggiling menandai wilayah mereka dengan air kencing, tinja dan sekresi yang bercanpur dengan kelenjar khusus.

  • Bayi Trenggiling dibawa di punggung dan ekor ibu mereka.

  • Berat sisik trenggiling mencapai 20% dari total berat tubuh mereka.

  • Sisik trenggiling terbuat dari keratin seperti kuku manusia.

  • Puluhan ribu trenggiling liar dibunuh setiap tahun untuk diperdagangkan sisik dan dagingnya.

Jenis-jenis Trenggiling di Dunia

Di dunia terdapat delapan spesies trenggiling yang dikelompokkan dalam empat genus. Sebanyak 4 spesies diantaranya hidup di Asia sedangkan 4 spesies sisanya hidup di Afrika. Dari kedelapan spesies tersebut, satu jenis hidup di Indonesia yaitu spesies trenggiling yang bernama ilmiah Manis javanica atau dikenal dengan Sunda Pangolin.

Kedelapan spesies trenggiling tersebut adalah:

  • Manis crassicaudata (Thick-tailed Pangolin); hidup di Bangladesh, India, Pakistan, dan Sri Lanka. Status konservasi Near Threatened.

  • Manis culionensis (Philippine Pangolin); hidup di Filipina. Status konservasi Near Threatened.

  • Manis javanica (Sunda Pangolin); hidup di Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Status konservasi Endangered.

  • Manis pentadactyla (Chinese Pangolin); hidup di Bangladesh, Bhutan, China, Hong Kong, India, Laos, Myanmar, Nepal, Taiwan, China, Thailand, dan Vietnam. Status konservasi Endangered.

  • Phataginus tricuspis (sinonim: Manis tricuspis; White-bellied Pangolin); Hidup di Angola, Benin, Kamerun, Afrika Tengah, Kongo, Equatorial Guinea, Gabon, Ghana, Kenya, Liberia, Nigeria, Rwanda, Sierra Leone, Sudan, Tanzania, Togo, Uganda, dan Zambia. Status konservasi Near Threatened.

  • Smutsia gigantea (sinonim: Manis gigantea; Giant Ground Pangolin); hidup di Rwanda. Status konservasi Near Threatened.

  • Smutsia temminckii (sinonim: Manis temminckii; Temminck’s Ground Pangolin). Hidup di Angola, Botswana, Afrika Tengah, Chad, Ethiopia, Kenya, Malawi, Mozambiq, Namibia, Afrika Selatan, Sudan, Swaziland, Tanzania, Uganda, Zambia, dan Zimbabwe. Status konservasi Last Concern.

  • Uromanis tetradactyla (sinonim: Manis tetradactyla; Black-bellied Pangolin). Hidup di Kamerun, Kongo, Equatorial Guinea, Gabon, Ghana, Liberia, Nigeria, dan Sierra Leone. Status konservasi Last Concern.

Populasi trenggiling semakin terancam dan beberapa spesies, termasuk Trenggiling di Indonesia, dilabeli oleh IUCN Redlist sebagai hewan terancam punah (Endangered). Ancaman terbesar yang menjadikan trenggiling sebagai hewan langka dan terancam punag adalah adalah perburuan. Setiap tahunnya puluhan ribu trenggiling diburu untuk diperdagangkan sisik dan dagingnya.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Mammalia. Ordo: Pholidota Famili: Manidae.

Trenggiling Jawa (Manis javanica)


Trenggiling Jawa merupakan salah satu jenis mamalia langka yang menjadi kekayaan alam hayati Indonesia. Trenggiling Jawa mempunyai nama populer Malayan pangolin yang berasal dari bahasa melayu yakni pengguling atau guling yang berarti menggulung atau melingkar seperti bola. Trenggiling merupakan salah satu hewan yang dilindungi, karena populasi hewan ini di alam semakin berkurang dari waktu ke waktu. Populasi trenggiling di alam semakin menurun dan terancam punah akibat perburuan dan perdagangan liar, serta kerusakan habitat. Masyarakat Asia khususnya masyarakat Cina mempercayai sisik dan daging trenggiling memiliki khasiat obat (Nowak 1999). Risiko kepunahan trenggiling Jawa yang tinggi didukung pula oleh kemampuan reproduksinya yang hanya dapat menghasilkan 1-2 anak dalam satu periode kebuntingan. Aktivitas reproduksi merupakan salah satu upaya yang dilakukan makhluk hidup untuk melestarikan jenis.

Klasifikasi Trenggiling Jawa (Manis javanica)


Trenggiling termasuk ke dalam ordo Pholidota yang artinya bersisik banyak. Ordo ini memiliki satu famili Manidae dan satu genus Manis dengan delapan spesies yang tersebar di Asia dan Afrika. Trenggiling Jawa merupakan salah satu dari delapan spesies trenggiling (Linnaeus 1758; Corbet & Hill 1992). Secara sistematis klasifikasi trenggiling Jawa adalah sebagai berikut:

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Mammalia
  • Ordo : Pholidota
  • Famili : Manidae
  • Genus : Manis
  • Spesies : Manis javanica

Persebaran Geografis Trenggiling


Distribusi trenggiling Jawa di Indonesia meliputi hutan hujan tropis di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan beberapa pulau kecil seperti kepulauan Riau, Pulau Lingga, Bangka, Belitung, Nias, Pagai, Pulau Natuna, Karimata, Bali, serta Lombok (Corbet & Hill 1992). Persebaran trenggiling di luar wilayah Indonesia meliputi Burma, Thailand, Indocina, Malaysia, Filipina (Lekagul & McNeely 1977), serta Vietnam, Laos, dan Singapura (Corbet & Hill 1992).

Morfologi dan Tingkah Laku Trenggiling


Trenggiling mempunyai morfologi tubuh yang unik (Corbet & Hill 1992). Permukaan tubuh bagian dorsal terdapat sisik-sisik yang keras dan di antara sisik tersebut terdapat rambut-rambut kasar. Sisik trenggiling merupakan derivat kulit yang berkembang dari lapis basal epidermis. Sisik ini hanya tumbuh pada bagian dorsal tubuh trenggiling dan berwarna coklat terang, sedangkan pada bagian ventral tubuhnya tidak terdapat sisik dan hanya terdapat rambut-rambut. Terdapat perbedaan ukuran antara trenggiling jantan dan betina. Trenggiling
jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan tenggiling betina. Rata rata panjang tubuhnya adalah 75-150 cm dengan panjang ekor sekitar 45-65% dari panjang total tubuh. Berat tubuh trenggiling sekitar 2 kg (Grzimek 1975). Kepala trenggiling berukuran kecil dan berbentuk tirus dengan mata yang kecil dan dilindungi oleh kelopak mata yang tebal. Fungsi kelopak mata trenggiling ini untuk melindungi mata dari gigitan semut. Trenggiling memiliki daun telinga yang berukuran kecil dan berbentuk seperti bulan sabit, selain itu
trenggiling juga memiliki lidah yang dapat menjulur panjang dan dihubungkan oleh otot-otot yang berkembang subur. Lidah trenggiling berbentuk ramping dan panjang. Lidah ini akan semakin menipis dan menyempit pada bagian apex (Sari 2007). Bentuk tersebut membuat lidah trenggiling menyerupai cacing (vermiform) dan bersifat lengket, sehingga memudahkan trenggiling untuk mencari pakan (Amir 1978). Tubuh trenggiling yang panjang ditunjang oleh empat kaki yang pendek. Kaki trenggiling dilengkapi dengan masing-masing lima jari serta
mempunyai kuku cakar yang panjang dan melengkung. Kuku cakar pada kaki depan biasanya lebih panjang hingga satu setengah kali dibandingkan kuku cakar kaki belakang. Kuku cakar pada kaki depan berperan sangat penting ketika trenggiling menggali lubang semut atau rayap (Lekagul & McNeely 1977).

Perilaku unik dari trenggiling terjadi saat mencari pakan. Trenggiling merupakan hewan plantigradi, yaitu hewan yang cara berjalannya dengan seluruh tapak kakinya di atas tanah. Keberadaan kuku pada kaki depan dan belakang tidak menghalanginya ketika bergerak. Kuku kaki depan dan belakang trenggiling dilipat ke dalam dan bertumpu pada bagian luar dari telapak kakinya. Saat berjalan, trenggiling terkadang berhenti dan berdiri dengan kedua kaki belakang disangga oleh ekor. Ketika menggali lubang semut, trenggiling akan bertumpu
pada kedua kaki belakang dan ekor sebagai penyangga, sementara kedua kaki depannya digunakan untuk menggali lubang tersebut. Saat memanjat pohon, kedua kaki depan dan ekor digunakan untuk mencengkeram batang pohon dengan kuat. Belitan ekor trenggiling sangat kuat karena pada ekor trenggiling terdapat gerigi sisik di lateral ekor yang memperkokoh cengkeraman pada pohon. Selain itu, trenggiling selalu menjaga posisi badan dalam keadaan melengkung seperti busur serta ekornya yang panjang dan terangkat tidak menyentuh tanah digunakan untuk menjaga keseimbangan (Grzimek’s 1975).

Aktivitas trenggiling dapat berlangsung sepanjang hari tetapi lebih tinggi ketika malam hari (nokturnal). Trenggiling lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur di dalam lubang-lubang, di bawah dedaunan atau dicelah-celah pohon saat siang hari (Amir 1978). Dalam usaha mendapatkan pakan, organ penciuman merupakan sistem indera yang berperan utama membantu menemukan sarang rayap atau semut sebagai makanan utamanya. Indera lain yang berkembang selain organ penciuman adalah organ pendengaran, sedangkan organ penglihatannya kurang berperan karena tidak berkembang dengan baik (Lekagul & McNeely
1977).

Trenggiling termasuk hewan mamalia pemakan semut sehingga sering disebut dengan Anteater (Feldhamer et al. 1999). Pakan utama dari trenggiling adalah semut (Ordo Hymenoptera) dan rayap (Ordo Isoptera). Menurut Heryatin 1983, pakan yang lebih disukai oleh trenggiling di antara keduanya yaitu semut merah tanah (Myrmicaria sp). Pakan tersebut tidak dihancurkan di dalam mulut karena trenggiling tidak mempunyai gigi, sehingga pakan digiling di dalam lambungnya terutama di bagian pilorus dengan adanya tonjolan-tonjolan seperti gigi (pyloric teeth) dan dibantu oleh batu kerikil yang tertelan (Nisa’ 2005).
Proses mendapatkan pakan pada trenggiling tidak jauh berbeda dengan proses minum. Trenggiling mengeluarkan lidahnya dan memasukkannya kembali dengan cepat ketika minum (Nowak 1999).

Keunikan lain yang dimiliki oleh trenggiling selain hal-hal di atas adalah upaya pertahanan diri dari predatornya. Trenggiling merupakan satwa yang menjadi mangsa beberapa jenis karnivora besar di habitat aslinya. Oleh karena itu trenggiling membuat mekanisme pertahanan diri dengan cara menggulungkan tubuhnya jika terancam. Sisik keratin kokoh ikut membantu pertahanan diri trenggiling (Lekagul dan McNeely 1997). Beberapa spesies trenggiling memiliki kelenjar perianal yang menghasilkan sekreta berbau tajam. Sekreta ini berbau menyerupai urin menyengat dan biasa digunakan untuk menandai teritori trenggiling serta mengusir predator-predator. Predator utama dari trenggiling antara lain manusia, macan (Panthera pardus) dan ular python (Breen 2003).

Status Konservasi


Terdapat delapan spesies trenggiling di dunia yang tersebar di wilayah hutan tropis Asia dan daerah tropis hingga subtropis Afrika. Empat spesies trenggiling yang tersebar di wilayah Asia adalah M. crassicaudata (trenggiling India), M. pentadactyla (trenggiling Cina), M. culionensis (trenggiling Palawan), dan M. javanica (trenggiling jawa), sedangkan di Indonesia, M. javanica dapat ditemukan di beberapa pulau seperti Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan
pulau-pulau kecil di sekitarnya (Corbet & Hill 1992).

Trenggiling termasuk hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia, yang dimat dalam PP Nomor 7 tahun 1999. IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources) sebagai badan dunia yang memasukkan trenggiling dalam kategori endangered yang artinya status konservasi yang diberikan kepada spesies yang sedang menghadapi risiko kepunahan di alam liar yang tinggi pada waktu akan datang, sehingga masuk dalam daftar Red List. Berbeda dengan IUCN, CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) yang mengatur perdagangan spesies satwa dan tumbuhan yang terancam punah, A B memasukkan trenggiling ke dalam daftar Appendix II. Artinya trenggiling Jawa tidak boleh diperjualbelikan secara bebas karena memiliki risiko kepunahan yang tinggi. Risiko kepunahan trenggiling Jawa dapat diakibatkan oleh perburuan ilegal dan kerusakan habitat (IUCN 2011). Menurut Soehartono dan Mardiastuti (2003),
trenggiling akan terancam punah jika perdagangannya tidak diatur.