Apa yang anda ketahui tentang tokoh filsafat John Dewey?

John Dewey

John Dewey (1859) merupakan tokoh filsafat aliran pragmatisme. John Dewey menyatakan bahwa tugas filsafat adalah memberikan pengarahan bagi perbuatan nyata (sesuatu yang realitas),filsafat tidak boleh larut dalam pemikiran-pemikiran metafisis yang kurang praktis, tidak ada faedahnya. Oleh karena itu filsafat harus berpijak pada pengalama dan mengolahnya secara kritis.

Menurut Dewey, kita ini hidup dalam dunia yang belum selesai penciptaannya. Sikap Dewey dapat dipahami dengan sebaik-baiknya dengan meneliti tiga aspek dari yang kita namakan instrumentalisme.

  • Pertama, kata “temporalisme” yang berarti bahwa ada gerak dan kemajuan nyata dalam waktu.

  • Kedua, kata futurisme , mendorong kita untuk melihat hari esok dan tidak pada hari kemarin.

  • Ketiga, milionarisme, berarti bahwa dunia dapat diubah lebih baik dengan tenaga kita.

Dewey lebih suka menyebut sistemnya dengan istilah insrtumentalisme. Experience (pengalaman) adalah salah satu kunci dalam filsafat instrumentalisme. Filsafat harus berpijak pada pengalaman dan menyelidiki serta mengolah pengalaman itu secara aktif-kritis. Dengan demikian, filsafat akan dapat menyusun sistem norma- norma dan nilai-nilai.

Dewey menyatakan bahwa alat untuk mencapai hakikat kebenaran dan kepastian adalah berpijak pada pengalaman dan pengalamanlah yang membuatnya mencapai kesejahteraan.

Sebagai pengikut filsafat pragmatisme, Dewey mengatakan bahwa tugas filsafat adalah memberikan pengarahan bagi perbuatan nyata. Filsafat tidak boleh larut dalam pemikiran-pemikiran metafisis yang kurang pragtis, tidak ada faedahnya, oleh karena itu filsafat harus berpijak pada pengalaman dan pengolahan secara kritis.

Referensi :
Smith, Samuel, Gagasan-Gagasan Besar Tokoh-Tokoh Dalam Bidang Pendidikan , (Jakarta: Bumi Aksara, 1986).

John Dewey (1859-1952), lahir di Baltimore dan kemudian menjadi guru besar dalam bidang filsafat dan kemudian juga di bidang pendidikan di Universitas-universitas di Minnesota, Michigan, Chicago (1894-1904) dan akhirnya di Universitas Columbia (1904-1929).

John Dewey adalah seorang pragmatis. Menurutnya filsafat bertujuan untuk memperbaiki kehidupan manusia dan lingkungannya atau mengatur kehidupan manusia serta aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan manusiawi(Sudarsono, 1993).

Kendati Dewey seorang pragmatis, namun ia lebih suka menyebut sistemnya dengan istilah instrumentalisme.

Pengalaman (experience) merupakan kata kunci dalam filsafat instrumentalisme. Filsafat harus berpijak pada pengalaman dan menyelidiki serta mengolah pengalaman itu secara aktif-kritis. Dengan demikian filsafat akan dapat menyusun sistem norma-norma dan nilai-nilai.

Menurut Dewey, penyelidikan adalah transformasi yang terawasi atau terpimpin dari suatu keadaan yang tak menentu menjadi suatu keadaan yang tertentu. Penyelidikan berkaitan dengan penyusunan kembali pengalaman yang dilakukan dengan sengaja. Oleh karena itu penyelidikan dengan penilaiannya adalah suatu alat (instrument).

Jadi, yang dimaksud dengan instrumentalisme adalah suatu usaha untuk menyusun suatu teori yang logis dan tepat dari konsep-konsep, pertimbangan-pertimbangan, penyimpulan-penyimpulan dalam bentuknya yang bermacam-macam itu, dengan cara pertama-tama menyelidiki bagaimana pikiran-pikiran berfungsi dalam penemuan-penemuan yang berdasarkan pengalaman, yang mengenal konsekuensi-konsekuensi di masa depan.

Dalam rangka pandangan ini maka yang benar ialah apa yang akhirnya disetujui oleh semua orang yang menyelidikinya. Kebenaran ditegaskan dalam istilah-istilah penyelidikan. Kebenaran sama sekali bukan hal yang sekali ditentukan kemudian tidak dapat diganggu gugat, sebab dalam prakteknya kebenaran itu memiliki nilai fungsional yang tetap. Segala pernyataan yang kita anggap benar pada dasarnya dapat berubah.

Mengenal adalah berbuat. Kadar kebenarannya akan tampak dari pengujiannya oleh pengalaman-pengalaman di dalam praktek. Satu-satunya cara yang dapat dipercaya untuk mengatur pengalaman dan untuk mengetahui artinya yang sebenarnya adalah metode induktif.

Metode ini bukan hanya berlaku bagi ilmu pengetahuan fisika, melainkan juga bagi persoalan-persoalan sosial dan moral. Menurut Dewey, kita ini hidup dalam dunia yang belum selesai penciptaannya.

Sikap Dewey dapat dipamahi dengan sebaik-baiknya dengan cara meneliti tiga aspek dari yang kita namakan “instrumentalisme”.

  • Pertama, kata “temporalisme” yang berarti bahwa ada gerak dan kemajuan riil dalam waktu.

  • Kedua, kata “futurisme”, mendorong kita untuk melihat hari esok dan tidak kepada hari kemarin.

  • Ketiga, “meliorisme”, berarti bahwa dunia dapat dibuat lebih baik dengan
    tenaga kita; pandangan ini juga dianut oleh William James.

John Dewey merupakan salah satu tokoh filsafat pragmatisme yang besar. Makin besar dan kuatnya pragmatisme secara terus menerus adalah berkat tulisan-tulisan John Dewey. Dewey mencapai kemasyhuran dalam logika, epistimologi, etika, estetika, filsafat politik ekonomi dan pendidikan. Bagi Dewey dan pengikut-pengikutnya, istilah instrumentalisme dianggap lebih tepat dari istilah pragmatisme , akan tetapi kedua-duanya tetap dipakai.

Dewey adalah seorang yang bersifat kritis secara serius dan terus menerus terhadap jenis-jenis filsafat klasik dan tradisional dengan usaha untuk mencari realitas yang tertinggi dan menemukan zat yang tetap (immutable). Dewey mengatakan bahwa filsafat-filsafat semacam itu telah memperkecil atau menganggap rendah pengalaman manusia. Dewey mengatakan bahwa manusia telah memakai dua metoda untuk menghindari bahaya dan mencapai keamanan .

  • Metode pertama adalah dengan melunakkan atau minta damai kepada kekuatan-kekuatan di sekitarnya dengan upacara-upacara keagamaan, korban, berdoa , dan lain-lain.

  • Metode kedua adalah dengan menciptakan alat untuk mengontrol kekuatan-kekuatan alam bagi maslahat manusia. Ini adalah jalannya sains, industri, dan seni, dan cara inilah yang disetujui Dewey.

Tujuan filsafat adalah untuk mengatur kehidupan dan aktivitas manusia secara lebih baik, untuk di dunia, dan sekarang. Perhatian dialihkan dari problema metafisik tradisional kepada metoda, sikap, dan teknik untuk kemajuan ilmiah dan kema-syarakatan. Metoda yang diperlukan adalah penyelidikan eksperimental yang diarahkan oleh penyelidikan empiris dalam bidang nilai.

Pengalaman dan Dunia Yang Berubah


Experience ( pengalaman) adalah salah satu dari kata kunci dalam filsafat instrumentalisme. Filsafat Dewey adalah mengenai dan untuk pengalaman sehari-hari. Pengalaman adalah keseluruhan drama manusia dan mencakup segala proses saling mempengaruhi antara organisme yang hidup dan lingkungan sosial dan fisik. Dewey menolak mencoba menganggap rendah pengalaman manusia atau menolak untuk percaya bahwa seseorang telah berbuat demikian.

Pada masa yang lalu pun para filosof berusaha menemukan pengalaman teoritis tertinggi ( theoritical super-experience ) yang dapat dijadikan dasar untuk hidup yang aman dan berarti. Dewey mengatakan bahwa pengalaman bukannya suatu tabir yang menutupi manusia sehingga tidak melihat alam; pengalaman adalah satu-satunya jalan bagi manusia untuk memasuki rahasia-rahasia alam.

Dunia yang ada sekarang, yakni dunia pria dan wanita, dunia sawah-sawah dan pabrik-pabrik, dunia tumbuh-tumbuhan dan binatang, dunia kota yang hiruk- pikuk dan bangsa-bangsa yang berjuang, adalah dunia pengalaman kita. Kita harus berusaha memahaminya dan kemudian berusaha membentuk suatu masyarakat di mana tiap orang dapat hidup dalam kemerdekaan dan kecerdasan.

Dewey menganggap persoalan evolusi, relativitas, dan proses waktu secara sangat serius. Dunia ini masing-masing tetap dalam penciptaan dan selalu bergerak ke muka. Pandangan tentang dunia seperti tersebut sangat bertentangan dengan gambaan realitas yang tetap dan permanen yang ditemukan pada filosof Yunani dan Abad Pertengahan.

Menurut Dewey, kita ini hidup dalam dunia yang belum selesai penciptaannya. Sikap Dewey dapat dipahami dengan sebaik-baiknya dengan meneliti tiga aspek dari filsafat instrumentalismenya.

  • Pertama , kata temporalisme berarti bahwa ada gerak dan kemajuan yang riil dalam waktu. Kita tidak dapat lagi mengikuti pandangan seorang penonton tentang realitas. Pengetahuan kita tidak hanya mencerminkan dunia; ia mengubah bentuk dan wataknya.

  • Kedua, kata futurisme mendorong kita untuk melihat hari esok dan tidak kepada hari kemarin. Hari esok yang berasal dari hari kemarin, tidak akan merupakan ulangan, akan tetapi merupakan hal yang baru.

  • Ketiga, meliorisme , berarti bahwa dunia dapat dibuat lebih baik dengan tenaga kita, pandangan ini juga dianut oleh William James.

Metode Kecerdasan


Hal-hal yang pokok dalam filsafat Dewey adalah teori instrumental tentang ide-ide dan menggunakan intelegensia (kecerdasan) sebagai metoda. Memikir adalah biologis, ia mementingkan persesuaian antara suatu organisme dengan lingkungannya. Semua pemikiran dan semua konsep, doktrin, logika, dan filsafat merupakan alat pertahanan bagi manusia dalam perjuangan untuk kehidupan.

Penilaian yang reflektif terjadi jika terdapat suatu problema, atau jika adat kebiasaan kita terhalang dalam krisis-krisis tertentu. Intelegensi adalah alat untuk mencapai suatu tujuan atau beberapa tujuan yang dicari oleh individual atau masyarakat. Tidak ada bahan tertentu yang terpisah dalam otak dan mempunyai daya berpikir. Akal dimanifestasikan dalam kemampuan kita untuk menanggapi apa yang tidak jelas atau problematik dalam pengalaman. Mengerti dan bertindak, keduanya bersifat terus menerus. Mengetahui terjadi dalam alam dan faktor-faktor indrawi serta rasional tidak lagi berlomba-lomba, malahan bersama- sama sebagai bagian-bagian dari proses bersatu. Ide adalah rencana tindakan yang harus dilakukan. Teori ilmiah, seperti alat-alat yang lain dibuat oleh manusia dalam mencari tujuan-tujuan dan kepentingan-kepentingan yang khusus. Tujuan dan pemikiran adalah untuk membentuk kembali realitas yang telah dialami dengan peraturan teknik eksperimen.

Kemerdekaan Kemauan dan Kebudayaan


Menurut filsafat instrumentalisme Dewey, manusia dan alam selalu saling bersandar. Manusia bukannya sebagian badan dan sebagian jiwa, ia bersatu dengan alam dan alam diinterpretasikan sehingga mencakup manusia. Alam dalam manusia adalah alam yang sudah berpikir dan menjadi cerdas.

Alam dikatakan tidak rasional dan tidak irrasional. Alam dapat dipikirkan dan dipahami, alam tidak hanya sesuatu yang harus diterima dan dimanfaatkan, tetapi sesuatu yang harus diubah dan dikontrol dengan eksperimen .

Dewey dengan kelompok instrumentalis modern adalah pembela yang gigih dari kemerdekaan dan demokrasi. Dewey adalah pembela kemerdekaan moral, kemerdekaan memilih, dan kemerdekaan intelektual. Ia juga pembela hak-hak sipil dan politik, termasuk di dalamnya kemerdekaan berbicara, kemerdekaan persurat kabaran, dan kemerdekaan berserikat. Ia menganjurkan diperluasnya prinsip-prinsip demokrasi dalam bidang sosial dan politik bagi seluruh bangsa dan kelas.

Suatu Keprcayaan Umum


Dewey dan banyak pengikutnya menolak supernaturalisme dan mendasarkan nilai-nilai moral dan agama atas dasar hubungan duniawi dari manusia. Nilai-nilai kehidupan dapat diuji kebenarannya dengan metoda yang berlaku bagi fakta-fakta lain. Dewey mengecam lembaga-lembaga greja tradisional, dengan tekanannya kepada ritus yang tak berubah dan dogma yang otoriter. Ia memakai kata sifat religious untuk melukiskan nilai-nilai yang menyempurnakan dan memperkaya kepribadian seseorang. Dengan begitu, maka segala tindakan yang diambil demi suatu cita-cita karena keyakinan atas nilai-nilai yang benar, adalah tindakan yang bersifat religious.

Istilah Tuhan dapat dipakai untuk menunjukkan kesatuan segala maksud yang ideal, dalam kecondongannya untuk membangkitkan kemauan dan tindakan (Titus, dkk., 1984).