Apa yang Anda ketahui tentang The IBM Simon?

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2013/02/IBM_Simon.jpeg

Pengguna ponsel pintar meningkat pesat seiring banyaknya perusahaan seperti Apple, Samsung, dan Sony berlomba-lomba melahirkan produk-produk inovatif mereka. Kini berbagai merek dan fitur ponsel pintar atau lebih dikenal dengan smartphone dapat ditemui dengan mudah. Kira-kira seperti apa ponsel pertama sebelum ponsel pintar berbentuk dan memiliki fitur selengkap seperti yang sekarang.

Ponsel pintar pertama lahir dari kolaborasi IBM dan BellSouth yang dinamakan The IBM Simon. Lahir pada tahun 1993, IBM Simon memberikan sensasi baru dalam perkembangan teknologi saat itu. Fitur utama yang disajikan oleh IBM Simon pun cukup kompleks pada masa itu berupa ponsel telepon (voice dan data) sekaligus PDA, fax, dan pager. Tak hanya itu, IBM Simon memberikan fitur lain berupa games, e-mail, notepad, kalkulator, hingga kalender.

Pada saat itu IBM Simon dijual dengan harga sekitar USD 899. Dengan harga segitu IBM Simon sudah menggunakan layar sentuh dengan stylus, ber-keyboard on board serta ada keyboard QWERTY tambahan. IBM Simon juga mendukung adanya kartu memori opsional. Namun, keberadaan IBM Simon di pasaran berhenti pada tahun 1995. Hal ini karena IBM tidak lagi memproduksi IBM Simon untuk orientasi bisnis sedangkan BellSouth ingin mengembangkan jaringan komunikasi sendiri.

Sumber:
sains.me