© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang terumbu karang Elkhorn atau Acropora palmata ?

terumbu karang Elkhorn atau Acropora palmata

Terumbu Karang Elkhorn ( Acropora palmata ) adalah terumbu karang yang terkenal di Karibia, meskipun populasinya saat ini masih berjuang untuk pulih akibat wabah penyakit pita putih.

Terumbu karang ini mempunyai struktural yang kompleks dengan banyak cabang besar. Struktur terumbu karang ini menyerupai bentuk tanduk rusa. Cabang-cabang terumbu karang elkhorn menjadi habitat bagi banyak spesies terumbu lainnya, seperti lobster , parrot-fish , udang snapper dan ikan karang lainnya.

Koloni karang Elkhorn sangat cepat tumbuh, dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 5 hingga 10 cm per tahun dan akhirnya dapat tumbuh dengan diameter hingga 3,7 m .

Warna spesies karang ini berkisar dari coklat ke coklat kekuningan sebagai hasil dari zooxanthellae simbiosis yang hidup di dalam jaringan spesies karang ini. Zooxanthellae adalah sejenis ganggang yang berfotosintesis untuk menyediakan nutrisi bagi karang. Zooxanthellae juga mampu mengeluarkan produk limbah dari karang.

Secara historis, mayoritas reproduksi karang elkhorni telah terjadi secara aseksual; ini terjadi ketika cabang karang terlepas dan menempel ke substrat, membentuk koloni baru, yang dikenal sebagai fragmentasi.

Apa yang anda ketahui tentang terumbu karang Elkhorn atau Acropora palmata ?