Apa yang Anda ketahui tentang teori Bowen?

Apa yang Anda ketahui tentang teori Bowen ?

Apa yang Anda ketahui tentang teori Bowen dalam ekonomi publik?

2 Likes

Bowen mengemukakan teori yang didasarkan pada teori harga sama halnya pada penentuan harga pada barang swasta.
image
Kurva penawaran sepatu ditunjukan oleh kurva SS. Kurva DA dan DB menunjukan kurva permintaan akan sepatu oleh A dan B sedang kurva D(A+B) merupakan kurva permintaan pasar yang diperoleh dengan menjumlahkan kurva DA+DB secara mendatar(horisontal). Harga pasar yang terjadi adalah OP, yaitu dimana D(A+B)=S, harga OP adalah harga sepasang sepatu bagi A dan B.

Bowen mendefinisikan barang publik sebagai barang dimana pengecualian tidak dapat ditentukan. Jadi sekali suatu barang publik sudah tersedia maka tidak ada seorang pun yang dapat dikecualikan dari manfaat barang tersebut.
image
DA dan DB menunjukan kurva permintaan individu A dan B akan barang publik DA dan DB. Jumlah barang yang disediakan pemerintah sebesar OY, yaitu pada titik perpotongan kurva penawaran dengan kurva permintaan D(A+B)

Kelemahan teori ini adalah karena Bowen menggunakan permintaan permintaan dan penawaran. Yang menjadi masalah adalah karena pada barang publik tidak ada prinsip pengecualian sehingga masyarakat tidak mau mengemukakan kesenangan mereka akan barang tersebut sehingga permintaan kurva permintaan menjadi tidak ada.

Referensi

Prasetya, Ferry. 2012. MODUL EKONOMI PUBLIK BAGIAN IV: TEORI BARANG PUBLIK. FEB UB, Malang.