Apa yang anda ketahui tentang telegraf ?

Telegraf

Telegraf merupakan mesin yang digunakan untuk mengirim sebuah pesan dalam bentuk impuls listrik yang kemudian diubah atau dikonversi menjadi data dan Telegram sendiri merupakan fasilitas yang dipakai dalam menyampaikan informasi atau pesan jarak jauh dengan cepat, akurat dan terdokumentasi yang berisi kombinasi kode yang ditransmisikan atau dikirimkan dengan menggunakan mesin telegraf.

Apa yang anda ketahui tentang telegraf ?

Telegraf merupakan cikal bakal dari bentuk telekomunikasi modern sebelum adanya telepon dan internet. Sekarang penggunaan telegraf untuk mengirim telegram sudah tidak banyak digunakan karena sudah digeser dengan perkembangan telepon dan internet yang lebih cepat.

Telegraf lebih banyak digunakan pada tahun 1800 smpai 1900 an sebelum ditemukannya telepon dan internet. Di zamannya, telegraf paling banyak digunakan untuk mengirimkan pesan jarak jauh karena lebih cepat dan efisien. Penemu Telegraf adalah Samuel F.B Morse pada tahun 1837.

Selain mesin telegraf, Samuel F.B Morse juga dikenal sebagai penemu dari kode Morse yakni dengan sistem representasi huruf, angka, dan tanda baca dengan menggunakan sinyal kode . Samuel F.B Morse lahir di Charlestown, Massachusette, Amerika Serikat, pada 27 April 1791.

Saat Morse berusia empat tahun, ia sudah dapat melukis wajah gurunya. Pada masa belajar, Morse bukan termasuk siswa yang pandai, namun ia mulai tertarik pada sains saat ia sudah memasuki perguruan tinggi.

Saat mengikuti kuliah tentang perkembangan terbaru listrik, ia semakin tertarik dengan sains. Akan tetapi ia lebih merasa nyaman bila menggambarkan potret miniatur, sehingga ia mengirimkan surat kepada orang tuanya untuk mengutarakan keinginannya menjadi seorang pelukis.

Hal tersebut membuat kedua orang tuanya merasa khawatir bila ia tidak dapat mencukupi segala kebutuhannya dengan menjadi seorang pelukis.

Pada tahun 1818 Morse menikah dan dikaruniai dua orang putra dan seorang putri. Karena perekonomian Morse yang serba kekurangan, pada tahun 1825 sang istri meninggal karena serangan jantung. Morse terus melanjutkan melukis dan mendirikan National Academy, serta ia menjadi presidennya yang pertama.

Pada tahun 1832 morse dan keluarga berlayar kembali dari Eropa, di kapal tersebut ia mendengar percakapan beberapa orang tentang penelitian elektromagnet yang baru ditemukan. Mendengar perkataan tersebut membuat Morse berfikir tentang konsep telegraf elektromagnet.

Morse menciptakan model paragraf yang pertama pada tahun 1835, model tersebut di buat dengan menggunakan bahan yang kasar seperti penyangga kanvas, baterai buatan serta jam tangan tua yang digunakan sebagai penggerak kertas serta titik akan direkamkan.

Morse di bantu oleh seorang asistennya bernama Alexander Bain menciptakan alfabet yang khusus digunakan pada telegraf, yang diberi nama kode Morse. Pada tahun 1843 Morse mendapat uang sebesar US$ 30.000 yang diperoleh dari Kongres untuk jalan eksperimen dari Washington D.C. ke Baltimore.

Pesan pertama yang di kirim menggunakan telegraf terjadi pada tahun 1844, pesan tersebut dikirim dari Washington ke Baltimore dengan menggunakan kode Morse :” what hath God wrought”, kata dalam pesan tersebut artinya adalah “apakah yang telah Tuhan tulis”.

Morse masih sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang diseluruh bagian dunia, termasuk dengan menggunakan kabel bawah laut. Pada ulang tahun ke delapan puluh, Morse mendapat hadiah sebuah patung yang diresmikan di Central Park, New York, sebagai penghargaan atas segala dedikasi dan jasanya.

Morse meninggal karena terkena penyakit pneumonia, ia meninggal pada 2 April 1872 pada usia ke 81. Ia dimakamkandi pemakaman Greenwood, Brooklyn. Demikian ulasan tentang penemu telegraf – Samuel F.B Morse. Semoga semangatnya dapat menginspirasi kita menemukan sesuatu yang baru.

Morse mengajukan hak paten atas penemuannya tersebut pada tahun 1837, dengan diberi penjelasan tentang sandi yang terdiri dari titik serta garis yang mewakili angka, kamus yang digunakan untuk merubah angka menjadi kata serta seperangkat gigi gergaji yang digunakan untuk mengirim sinyal.

Karena seluruh waktu Morse digunakan untuk penemuannya tersebut, membuatnya merasa tidak puas dengan karir seni yang dimilikinya.