Apa yang Anda ketahui tentang teknologi RFID?

RFID

Kabarnya, RFID ini sedang diuji coba untuk ditanamkan ke tubuh manusia! Jadi jangan kaget jika beberapa tahun ke depan hadir teknologi yang dapat melacak manusia, meskipun tentu saja belum bisa secanggih yang ada di film-film.

Pada film fiksi atau aksi biasanya sering ditemui adegan di mana di dalam tubuh salah satu tokohnya ditanami alat tertentu Dengan adanya alat yang terpasang di dalam tubuhnya, tokoh tersebut dapat dilacak keberadaannya oleh musuh, pimpinan, maupun orang-orang tertentu yang berkepentingan. Mungkin kamu berpikir bahwa teknologi seperti itu sangatlah canggih dan tentu saja tidak dapat dibuat di dunia nyata.

Salah satu teknologi yang membuat hal itu mungkin dibuat adalah RFID. RFID ini sendiri singkatan dari Radio Frequency Identification. Dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa teknologi ini menggunakan gelombang radio untuk melakukan identifikasi terhadap sesuatu hal. Ya, RFID ini memang teknologi untuk melakukan identifikasi atau pelacakan secara wireless (tanpa kabel) dan contactless (tidak perlu kontak fisik, cukup didekatkan saja).

Komponen utama dalam RFID ini disebut sebagai tag. Tag ini adalah komponen yang berisi informasi tertentu yang ditanamkan pada objek yang akan diidentifikasi. Konsepnya hampir sama dengan barcode atau QR Code yang sudah kita kenal sebelumnya. Bedanya, tag ini adalah sebuah komponen elektronik. Informasi akan disimpan dalam tag ini secara elektronik. Nantinya, informasi ini akan ditransfer melalui gelombang radio sampai ke alat pembacanya untuk kemudian dibaca. Gelombang tersebut bisa berasal dari gelombang yang dipancarkan oleh alat pembacanya, tetapi ada juga beberapa jenis tag yang memancarkan gelombang sendiri. Kabarnya, tag RFID ini bisa terdeteksi oleh alat pembacanya meskipun dari jarak yang cukup jauh, sampai sekitar 5 meter.

Saat ini teknologi RFID ini mulai banyak digunakan. Salah satu penerapan RFID yang sedang hangat dibicarakan di negara kita ini adalah untuk pembatasan BBM bersubsidi. Kendaraan yang dapat membeli BBM bersubsidi hanyalah kendaraan yang dipasangi tag RFID ini. Ke depannya teknologi ini akan ditanamkan dalam berbagai industri. Bahkan kabarnya, tag RFID ini sedang diujicobakan untuk ditanamkan ke tubuh manusia! Wah, jadi jangan kaget ya kalau beberapa tahun ke depan hadir teknologi yang dapat melacak manusia, meskipun tentu saja belum bisa secanggih yang ada di film-film.

Sumber:
sains.me