Apa yang Anda ketahui tentang teknik fotografi flatlay?

Apa yang Anda ketahui tentang teknik fotografi flatlay?

Flatlay adalah teknik fotografi dasar dengan cara mengambil objek dari posisi atas atau bird eye . Teknik foto ini tengah ramai digunakan kalangan fotografer dan banyak diposting di berbagai sosial media, saah satunya instagram. Apa yang Anda ketahui tentang teknik fotografi flatlay?

Teknik foto Flat lay kini sangat digandrungi, terlebih karena lahir dari trend Instagram. Flat lay merupakan foto minimalis, hanya butuh backdrop namun kaya akan komposisi foto, yakni banyak barang. Barang-barang tersebut bisa barang-barang yang dibawa untuk travel , gaya pakaian setiap hari atau #OOTD, barang-barang yang baru dibeli, make up , dan lainnya. Berikut adalah cara-cara untuk menguasai teknik foto flat lay.

  1. Pikirkan tema yang akan diambil
  2. Tentukan cahaya yang terbaik
  3. Style* komposisi Flatlay
  4. Editing
Referensi

https://infotografi.com/menguasai-teknik-foto-flat-lay/
https://www.youtube.com/watch?v=6M7VDsdLR5Q
https://www.youtube.com/watch?v=5nx5D1N3kDQ
https://www.youtube.com/watch?v=h3W9NxEl4v0

1 Like

Flat Lay adalah gaya fotografi dengan cara membidik beberapa objek, baik makanan, produk, dan lainnya melalui jepretan kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat. Objeknya itu sendiri diletakan di permukaan datar ( flat) di permukaan yang menghadap ke kamera.

1. Latar (Background)

Permukaan yang menjadi latar dalam foto Flat Lay ini adalah hal yang utama. Karena fokus foto Flat Lay adalah objek fotonya, pastikan memilih background simple yang bisa menonjolkan objek tersebut. Misalnya,bisa pilih latar solid satu warna, misalnya putih, kuning, pink ataupun warna pastel.

Jika berminat untu kmemotret di meja kayu atau di latar yang bermotif karena sedang di restoran atau sebuah tempat, pastikan latar tersebut bersih tanpa ada makanan atau minuman yang tercecer. Latar yang sering jadi pilihan adalah kertas berukuran besar, kayu, ataupun lantai, karena dianggap paling aman untuk foto Flat Lay.

2. Proporsi

Dalam teknik fotografi Flat Lay, tidak boleh meletakan objek foto begitu saja, harus mengatur objek tersebut sedemikian rupa agar teratur dan menunjukan keindahan. Objek boleh ditata rapih ataupun berantakan, asal dengan proporsi yang tepat. Memang sedikit repot, tapi hal ini bisa menghasilkan hal yang indah.

Objek bidikan berada di tengah frame atau bahkan memenuhi frame , atau bahkan condong ke suatu sisi, semuanya bisa dikreasikan sesuai keinginan, yang terpenting memperhatikan proporsinya. Teknik emphasizing adalah cara untuk menonjolkan beberapa objek yang akan kamu tonjolkan. Untuk materi, atau hiasan untuk memperindah foto, kamu bisa menggunakan bunga atau bahkan pernak-pernik untuk menjadi dekorasi pendukung objek.

3. Pencahayaan

Paparan cahaya yang alami adalah pilihan terbaik untuk memberikan kesan yang alami pula. Usahakan untuk menggunakan sinar matahari, tapi jangan secara langsung karena cahaya matahari langsung bisa menghasilkan bayangan objek yang terlalu terlihat pada derajat tertentu.

Hindari memotret Flat Lay pada lokasi yang terlalu gelap. Sinar lampu di suatu tempat bisa digunakan, tapi tergantung pada kualitas kamera agar tidak menghasilkan noise .

4. Penyempurnaan (Editing)

Jika merasa belum puas dengan hasil mentahan foto yang telah diambil, jangan lupa kasih sentuhan akhir dengan melalui proses editing tools yang bisa dimanfaatkan dari Instagram. Jika terpaksa harus memotret dalam area gelap yang tidak terlalu alami, dapat memperbaiki permasalahan pencahayaan ini dengan proses editing .