Apa yang Anda ketahui tentang Teknik Aquarel?

Seni lukis memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangannya dan pada setiap era memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Selain banyak aliran, seni lukis juga memiliki beberapa teknik yang digunakan oleh para seniman.Teknik yang berbeda juga akan menghasilkan karya yang berbeda. Teknik seni lukis juga terdiri dari beberapa ragam berdasarkan sudut pandang tinjauannya. Apa itu tehnik TEKNIK AQUAREL pada seni lukis ?

  • Teknik aqurel adalah teknik melukis dengan menggunakan cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan bernuansa transparan.

  • Agar menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan, alangkah baiknya kamu menggunakan cat yang sedikit encer.

TIPS MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK AQUAREL

  • Tips yang pertama pilihlah cat air yang berkualitas, jadi apabila kita lihat di luar sana ada banyak jenis cat yang bisa digunakan untuk melukis dengan teknik aquarel, akan tetapi tidak semuanya bisa memberikan hasil yang baik terutama jika kita hendak membuat lukisan untuk pameran tentu kualitas dari materi yang digunakan harus benar-benar kita perhatikan. Biasanya cat air dengan kualitas yang bagus dijual dengan harga yang lebih mahal, tapi kita masih bisa menyesuaikan dengan budget yang kita miliki.

  • Pilihlah media gambar atau lukis yang tepat, karena untuk bisa memperoleh hasil gambar yang maksimal, penggunaan kanvas harus benar-benar yang bagus terlebih lagi kita akan menggunakan cat air yang mudah sekali luntur. Tapi untuk tahap belajar kita juga bisa menggunakan kertas gambar biasa yang agak tebal.

  • Pemilihan kuas juga tidak kalah penting, ada banyak sekali jenis kuas yang bisa digunakan. Jadi pilihlah kuas dengan serabut yang halus dan tidak terlalu kaku.