© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang tanaman Binahong?

Tanaman Binahong

Tanaman Binahong (Bassela rubra linn) merupakan termasuk tanaman obat yang mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tanaman Binahong dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan

Tanaman binahong di Inggris dikenal dengan nama heartleaf madeiravine atau madeira vine , sedangkan di Tiongkok tanaman ini disebut teng san chi . Di negara asalnya, Amerika Selatan, tanaman ini juga memiliki sinonim Boussingaultia basselloides, Boussingaultia cordifolia, Boussingaultia gracilis, Boussingaultia gracilis var. Pseudobaselloides (Badan POM RI, 2008).

Daun Binahong
Gambar Daun Binahong

Klasifikasi Taksonomi


Seperti yang tercantum pada Direktorat Obat Asli Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan POM RI (2008), klasifikasi tanaman binahong ( Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) adalah sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Ordo : Caryophyllales
  • Famili : Basellaceae
  • Genus : Anredera
  • Spesies : Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

Deskripsi Tumbuhan


Berupa tumbuhan menjalar, berumur panjang, bisa mencapai panjang lebih dari 6 m. Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Daun tunggal, bertangkai sangat pendek, tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung, panjang 5- 10 cm, lebar 3-7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk, tepi rata, permukaan licin dan bisa dimakan. Bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 - 1 cm, berbau harum. Akar berbentuk rimpang, berdaging lunak (Badan POM RI, 2008).

Kandungan


Daun binahong bermanfaat untuk menymebuhkan beberapa penyakit, hal ini karena daun binahong mempunyai kandungan yang membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa kandungan yang ada didalam daun binahong antara lain :

  • Flavonoid
    Aktivitas flavonoid adalah sebagai antioksidan, anti atherosklerotik, anti agregasi trombosit, antiulser, antiviral, antiinflamasi, antiartritis dan antidiare (Patel, 2008). Flavonoid juga memilki efek antimikroba dengan target spektrum luas (Manoi, 2009).

  • Asam Oleanolik
    Hammond (2006) menyatakan bahwa kandungan asam oleanolik dalam daun binahong memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri pada luka bakar (Astuti et al. , 2011).

  • Saponin
    Saponin yang ditemukan dalam binahong memiliki beberapa aktivitas farmakologis seperti antimikroba, antitumor, penurun kadar kolesterol, immune potentiating dan antioksidan (Blumert dan Liu, 2003). Selain itu, saponin juga potensial dalam proses pembentukan kolagen, protein yang berperan dalam proses pemulihan luka (Isnaini, 2009).

  • Alkaloid
    Alkaloid merupakan zat yang terdistribusi luas dalam tanaman dan memiliki kemampuan sebagai antimikroba (antibakteri, antifungi dan antiviral). Alkaloid juga memiliki aktivitas antitumor, antihiperglikemik, antipiretik serta digunakan untuk mengobati edema, asites dan hordeolum (Fattorusso dan Taglialatela-Scafati, 2008).

  • Asam Ursolat
    Menurut Lim et al. (2007), asam ursolat dapat menstimulasi diferensiasi keratinosit epidermal sehingga binahong dapat digunakan untuk membantu pemulihan luka (Yuliani et al ., 2012)