Apa yang anda ketahui tentang Situs Sendang Beji Ponorogo ?

Situs Sendang Beji Ponorogo

Situs bersejarah yang berada di Ponorogo menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah Jawa kuno. Situs tersebut biasa disebut dengan Sendang Beji. Situs tersebut terdiri dari sebuah kolam. Di sekeliling kolam tersebut terdapat 3 buah arca, 2 arca berbentuk manusia dan 1 arca lagi berbentuk seperti bangunan rumah kecil.

Situs Sendang Beji diperkirakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-10 masehi atau pada era Mpu Sendok di Jawa Timur. Dua situs berbentuk patung prajurit yang ditemukan di dekat patirtan diidentifikasi sebagai arca Gupala dan arca Agesti. Dugaan itu didasari pada karakteristik kendi kamandalu yang berada dalam pegangan tangan kiri arca.

Kemungkinan tempat ini dulu digunakan untuk ritual atau beribadah, hal itu berdasarkan adanya arca Agesti yang merupakan penjelmaan Dewa Siwa. Tahun pembuatan dari arca-arca tersebut pihak Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan mengaku belum bisa memastikan. Hal itu dikarenakan pihaknya sama sekali tidak menemukan adanya tulisan yang menunjuk pada tahun pembangunan situs bersejarah tersebut.

Apa yang anda ketahui tentang Situs Sendang Beji Ponorogo?