Apa yang Anda ketahui tentang Situ Patenggang?

Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, terletak di sebuah desa bernama Patengan. Desa ini adalah bagian dari wilayah administratif Kecamatan Rancabali yang lokasinya

Cerita rakyat Situ Patenggang

Konon Ki Santang dan Dewi Rengganis adalah 2 orang yang saling mencintai satu sama lain. Ki Santang merupakan keponakan dari Raja Prabu Siliwangi yang merupakan raja Kerajaan Padjajaran yang sangat arif dan bijaksana. Sedangkan Dewi Rengganis merupakan seorang biasa, dia merupakan gadis desa yang hidup di sebuah pegunungan di wilayah kekuasaan Kerajaan Padjajaran.

Ki Santang dan Dewi Rengganis memiliki ikatan cinta dan kasih sayang sangat kuat, namun mereka berdua terpisahkan oleh jarak dan waktu.

Diceritakan bahwa mereka terpisah akibat peperangan yang berlangsung sangat lama. Walaupun bertahun-tahun tidak bertemu mereka tetap saling setia dan berusaha untuk mencari satu sama lain. Hingga akhirnya mereka berdua bertemu pada sebuah batu besar.

Batu besar tersebut akhirnya diberi nama batu cinta, singkat cerita Dewi Rengganis mengajukan sebuah permintaan kepada Ki Santang untuk membuat sebuah danau yang memiliki pulau ditengahnya.

Apa yang Anda ketahui tentang Situ Patenggang ?