Apa yang Anda ketahui tentang SISKEUDES?

Apa yang Anda ketahui tentang SISKEUDES ?

Pengalokasian dana membutuhkan pengelolaan keuangan desa yang bersih, tertib, efektif, dan efisien. Sebagai pertanggungjawabannya, desa menyusun laporan keuangan yang dipermudah dengan adanya Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES).

1 Like

Untuk membantu pemerintah desa dalam mengelola keuangan desa, Badan Pengawas Keuangan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) membuat suatu aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas tata kelola keuangan desa. Aplikasi yang dimaksud adalah Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES). Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi yang di buat oleh BPKP untuk membantu pemerintah desa dalam melakukan pelaporan keuangan desa. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan oleh pemerintah desa karena fitur yang tersedia sangatlah mudah untuk dipahami dan dimengerti. Dengan tampilan yang sederhana membuat aplikasi ini terlihat sangat sederhana namun sangat baik untuk digunakan. Bisa menggunakan jaringan internet dan juga tidak. Aplikasi ini dibuat sudah menyesuaikan dengan proses dan tahap laporan keuangan dan dokumen-dokumen yang ada hanya akan di input saja karena sudah tertata dengan baik.

Sebelumnya, Aplikasi Sistem keuangan Desa (SISKEUDES) dikenal dengan nama SIMDA Desa, yakni aplikasi sederhana yang dikembangkan Badan Pengawasan keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Ditjen Bina Pemerintahan Desa kementerian Dalam Negeri. Aplikasi ini dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Pemerintah dalam mengembangkan SISKEUDES adalah untuk membantu pemerintah desa lebih mandiri dalam mengelola keuangan desa secara efektif dan lebih baik, serta meningkatkan transparansi dalam akuntabilitas keuangan di desa. Dengan adanya SISKEUDES diharapkan pemerintah desa lebih mandiri dan lebih bekerja keras dalam mengelola unsur pemerintahan dan sumberdaya alam yang dimiliki.

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi SISKEUDES dibuat sederhana dan user friendly sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi SISKEUDES. Dengan proses penginputan sekali sesuai dengan transaksi yang ada, dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan-laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, antara lain :

  1. Dokumen penatausahaan :
    • Bukti penerimaan
    • Surat permintaan pembayaran (SPP)
    • Surat setor pajak (SSP)
    • Dan dokumen-dokumen lainnya.
  2. Laporan-laporan :
    • Laporan penganggaran (APB Desa, RAB, APB Desa per sumber dana)
    • Laporan penatausahaan (Buku Kas Umum, Buku Bank, Buku Pajak, Buku pembantu, dan Register dokumen penatausahaan)

Berikut ini adalah rencana pengembangan aplikasi SISKEUDES :

  1. Integrasi dengan aplikasi kompilasi nasional di Kementerian Dalam Negeri
  2. Integrasi dengan aplikasi kompilasi Dana Desa di Kementerian Keuangan
  3. Fasilitasi Dokumentasi Pengadaan Barang dan Jasa
  4. Fasilitiasi Perhitungan Pajak
  5. Cash Management System

Aplikasi ini dikeluarkan BPKP pada tahun 2016 dan sudah mulai diterapkan di desa-desa. Di mulai pada tahun 2016 tentunya banyak kendala-kendala yang dihadapi terhadap penerapannya dan bagaimana pemerintah desa melakukan persiapan untuk penggunaan aplikasi ini.

Referensi
  1. http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/sakd/files/leaflet%20Siskeudes%206(1).pdf
  2. Malahika, J M Et Al… 2018. Penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Pada Organisasi Pemerintahan Desa (Studi Kasus Di Desa Suwaan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Riet Akuntansi Going Concern. Vol. 13 (4) : 578-583.