Apa Yang Anda Ketahui Tentang Sholat Wudhu?

Apa yang anda ketahui tentang sholat wudhu ?

Shalat Sunnah Wudhu adalah sebuah ibadah shalat yang dianjurkan untuk dikerjakan setelah kita melakukan wudhu, saat kita akan melaksanakan ibadah sholat baik sholat fardhu ataupun sholat sunnah lainnya. Hukum dari shalat wudhu adalah sunnah. Hal ini bisa dilihat dari jumlah ibadah sholat fardu atau wajib adalah lima, dan selain sholat fardhu itu berarti termasuk ke dalam sholat sunnah.

Landasan atau Dalil dari Sholat Sunnah Wudhu

Dalam sholat ini sedikitnya ada dua dalil yang dijadikan sebagai landasan dalam melaksanakan sholat sunnah wudhu yaitu:

  1. Pada waktu setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada sahabat Bilal:

    Wahai Bilal, dapatkah Engkau ceritakanlah kepada saya tentang salah satu amal perbuatan yang lebih diharapkan (diandalkan) yang Engkau kerjakan dalam Islam, sebab sebenarnya saya telah mendengar detak suara sandalmu di surga?”. Sahabat Bilal pun menjawab : “Saya tidak mengerjakan suatu amal perbuatan yang lebih saya harapkan, bahwa sesungguhnya saya tidak bersuci (berwudhu) diwaktu malam maupun siang kecuali saya mengerjakan shalat (sunnah) karena bersuci (wudhu) yang ditentukan bagiku untuk shalat”. (HR. Bukhari dan Muslim).

  2. Sabda Nabi Muhammad SAW :

    “Barangsiapa yang berwudhu, lalu mengerjakan shalat dua rakaat tidak lalai (dengan khusyu) dalam keduanya, maka diampuni dosa-dosa yang sudah lewat”. (HR. Abu Dawud).

    Dan sabdanya lagi :

    Tidak ada dari seorang yang berwudhu (kemudian) memperbaiki (menyempurnakan) wudhunya (lalu) dia mengerjakan shalat dua rakaat, dia hadapi shalatnya dengan hati dan wajahnya (khusyu), kecuali wajib baginya surge (masuk surga)”. (HR. Muslim).

Waktu Pelaksanaan Sholat Sunnah Wudhu

Untuk waktu pelaksanaan dari sholat sunnah wudhu ini adalah disaat kita telah selesai mengambl air wudhu secara sempurna, kemudian kita membaca doa setelah berwudhu. Setelah itu barulah kita melaksanaakn sholat wudhu, dan setelahnya kita dapat melaksanakan sholat sunah atau sholat fardhu lainnya.

Tata Cara Melakukan Shalat Wudhu

Cara pelaksanaan dari sholat sunnah wudhu ini adalah sama dengan saat kita melaksanakan sholat sunnah lainnya, yaitu dua rokaat. Yang membedakan hanyalah pada niatnya saja. Berikut ini tata cara dalam melaksanakan sholat wudhu:

  1. Niat. Kita meniatkan untuk sholat sunnah Wudhu karena Allah SWT semata, dilakukan di dalam hati.

  2. Takbir

  3. Membaca doa iftitah

  4. Membaca surat Al- Fatihah

  5. Membaca surat dalam Al Qur’an.

  6. Ruku dengan membaca tasbih tiga kali.

  7. I’tidal dengan membaca bacaan I’tidal seperti sholat umumnya.

  8. Sujud pertama dan membaca kalimat tasbih tiga kali.

  9. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaan umumnya.

  10. Sujud kedua dan membaca kalimat tasbih tiga kali.

  11. Berdiri untuk melakukan rakaat kedua, dan seterusnya seperti cara diatas.
    Kemudian tasyahud akhir setelah sujud kedua, dan salam.

    Untuk rakaat selanjutanya sama dengan cara di atas, dengan dua rakaat salam.

Referensi :

Shalat sunnah wudhu adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah selesai berwudhu yang sempurna .

Waktu melaksanakan shalat sunnah wudhu yaitu setiap selesai mengerjakan wudhu yang sempurna , lalu membaca do’a setelah wudhu baru dilanjutkan mengerjakan shalat wudhu

Apabila jarak antara wudhu dan shalat sudah terlalu lama maka tidak disunnahkan lagi untuk mengerjakan shalat sunnah wudhu . Adapun batas waktu nya ada beberapa pendapat yaitu :

  • Pendapat ulama yang pertama mengatakan batas dari keduanya yaitu selama belum kering air wudhunya .

  • Pendapat ulama yang kedua mengatakan bahwa selama belum batal wudhunya .

  • Pendapat ulama yang ke tiga mengatakan bahwa selama belum berpaling dari shalat tersebut.

Hukum mengerjakannya adalah sunnah , jadi apabila tidak dikerjakan maka tidak apa-apa dan tidak akan mendapat siksa ( dosa ) akan tetapi lebih baik lagi apabila dikerjakan , karena akan mendapat pahala .

Hikmah Dan Keutamaan Sholat Sunnah Wudhu

  • Pada waktu setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada sahabatnya Bilal:

    “Wahai Bilal, dapatkah Engkau ceritakanlah kepada saya tentang salah satu amal perbuatan yang lebih diharapkan (diandalkan) yang Engkau kerjakan dalam Islam, sebab sebenarnya saya telah mendengar detak suara sandalmu di surga?” Bilal pun menjawab sesungguhnya saya tidak bersuci (berwudhu) diwaktu malam maupun siang kecuali saya mengerjakan shalat (sunnah), karena bersuci (wudhu) yang ditentukan bagiku untuk shalat”. (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Sabda Rasulullah SAW :

    “Barangsiapa yang berwudhu, lalu mengerjakan shalat dua rakaat tidak lalai (dengan khusyu) dalam keduanya, maka diampuni dosa-dosa yang sudah lewat”. (HR. Abu Dawud).

  • Sabda Rasulullah SAW :

    “Tidak ada dari seorang yang berwudhu (kemudian) memperbaiki (menyempurnakan) wudhunya lalu dia mengerjakan shalat dua rakaat, dia hadapi shalatnya dengan hati dan wajahnya (khusyu), kecuali wajib baginya surga (masuk surga)”. (HR. Muslim).

Sumber : AkidahIslam.com is for sale | HugeDomains