Apa Yang Anda Ketahui Tentang Sholat Tasbih?

Apa yang anda ketahui tentang sholat Tasbih?

Shalat Tasbih adalah shalat sunnah yang didalamnya banyak mengandung bacaan tasbih, sebanyak 300 kali tasbih yang dibaca dalam sholat tersebut. Shalat tasbih mungkin sedikit awam di telinga umat muslim hal itu dikarenakan tidak banyak umat muslim yang melakukan sholat tersebut.

Pelaksanaan Shalat Tasbih

Shalat tasbih dianjurkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Beliau mengatakan sholat tasbih bisa dilakukan setiap malam, namun jika kita tidak mampu kita bisa melakukannya seminggu sekali, jika seminggu sekali tidak mampu bisa dilakukan sebulan sekali, jika sebulan sekali tidak mampu maka setahun sekali, jika tidak mampu maka seumur hidup sekali.

Itulah aturan dan anjuran agama islam yang tidak memaksakan umatnya untuk melakukan ibadah. Sebab keikhklasan dan ketulusan untuk mencari ridha Allah sangatlah penting sehingga paksaan akan mengalangi ketulusan dan keikhlasan seseorang untuk melakukan ibadah tersebut.

Untuk shalat tasbih, telah diriwayatkan bahwa jumlah rokaat disepakati sebanyak 4 rakaat. Dengan catatan sebagai berikut ini :

  • Siang hari dilakukan dengan satu salam, dengan niat melakukan rakaat shalat empat rakaat sekaligus.

  • Jika dilakukan malam hari dengan membagi 4 rakaat menjadi dua rakaat dan dua kali shalat, sehingga akan ada dua kali salam saat melakukan sholat tasbih di malam hari.

  • Tasbih pada setiap rokaat sholat tasbih adalah sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya. Jika ditotalkan adalah 75 tasbih dikalikan 4 rokaat sehingga kita akan membaca tasbih sebanyak 300 kali tasbih.

  • Pendapat dari syaikh Ali al-Khawwash, shalat tasbih ini akan dirasakan manfaatnya jika dilakukan sebelum melakukan shalat hajat. Hal itu dikarenakan shalat tasbih bisa menghapus dosa-dosa orang yang melakukan sholat tasbih. Dengan begitu jika dosa-dosa sudah dihapus diharapkan apa yang menjadi hajat orang yang melakukan sholat hajat bisa terkabul.

Jenis Shalat Tasbih

Macam dan jenis sholat tasbih dibedakan menjadi dua macam. Yaitu sholat tasbih dua rakaat yang dilakukan pada malam hari dan satunya lagi adalah sholat tasbih siang hari yang dilakukan sebanyak 4 rakaat. Yang membedakan jumlah rakaatnya adalah waktu pelaksanaan sholat tersebut siang hari atau malam hari.

Referensi :

Shalat tasbih adalah shalat sunah yg didalam pengerjaannya itu membacakan kalimat tasbih yaitu membaca kalimat “Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar”. Dengan jumlah bacaan tasbih 300 kali yg dikerjakan dalam empat rakaat, sehingga didalam setiap rakaat itu membaca 75 kali kalimat tasbih. Shalat sunah tasbih sendiri diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW terhadap pamannya yaitu sayyidina Abbas bin Abdul Muthallib

manfaat shalat tasbih itu sendiri ada banyak sekali, yg salah satunya ialah dpt mencegah terjadinya perbuatan keji serta mungkar. Dengan niat yg ikhlas karena Allah SWT tentu saja diharapkan dpt mencegah seseorang yg ingin melakukan perbuatan yg keji serta mungkar. selain itu, masih ada lagi beberapa manfaat shalat tasbih yg bisa didapatkan bagi yg mengerjakan shalat tersebut.

Berikut keutamaan dan manfaat shalat tasbih :

  • Kalimat tasbih merupakan kalimat yg paling dipilih Allah SWT, Rasulullah SAW pernah ditanya ucapan apakah yg paling unggul ? kemudian beliau menjawab :”Yg dipilih Allah SWT terhadap para Malaikat serta hamba-Nya ialah ucapan “Subhanallahi wa bihamdihi”. (HR. Muslim)

  • Menambah timbangan amal, Rasulullah SAW bersabda :”Ada dua kalimat yg keduanya ringan utk diucapkan dilidah namun dpt memberatkan timbangan amal serta keduanya disukai oleh Ar-Rahman, yaitu Subhanallahi wa bihamdi subhanallahil azhim”. (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Dapat menghapuskan dosa yg banyak, Rasulullah SAW bersabda :”Barang siapa yg mengucapkan “Subhanallahi wa bihamdi sebanyak 100 kali, maka Allah SWT menghapus kesalahan meskipun kesalahannya itu sebanyak buih lautan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Memiliki kebuh kurma di surga, :”Barang siapa yg mengucapkan kalimat : Subhanallahi wa bihamdhi, maka akan ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga”. HR. Tirmidzi)

  • Mencegah kesedihan serta penyakit – penyakit yg berat, Qabishah Al-Makhariq pernah mendatangi Rasulullah SAW dan bertanya : “Rasulullah, ajarkanlah aku beberapa kalimat (ucapan) yg dengannya Allah SWT akan memberikan manfaat kepadaku, karena sesungguhnya umurku telah tua dan merasa lemah utk melakukan apapun”. Kemudian Rasulullah SAW menjawab :”Adapun utk duniamu, maka setelah engkau selesai shalat, ucapkanlah kalimat :”Subhanallahi wa bihamdi subhanallahil azhim” sebanyak tiga kali.

http://tuntunanshalat.info/keutamaan-dan-manfaat-shalat-tasbih/